Resmi, Dompet Digital China WeChat Pay Beroperasi di RI

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
13 January 2020 11:25
Dompet digital terbesar China, WeChat Pay sudah resmi beroperasi di Indonesia mulai 1 Januari 2020.
Jakarta, CNBC Indonesia - Dompet digital terbesar China, WeChat Pay sudah resmi beroperasi di Indonesia mulai 1 Januari 2020. Hal diungkapkan oleh Deputi Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Ricky Satria di Makassar, Sabtu (11/1/2020).

"WeChat Pay sudah masuk ke Indonesia," ujarnya.

WeChat Pay masuk ke Indonesia melalui kerja sama dengan Bank CIMB Niaga. Tetapi layanan ini hanya tersedia bagi turis China yang dapat ke Indonesia. Masyarakat Indonesia tidak bisa menggunakan WeChat Pay. Sementara untuk Alipay belum mendapatkan izin untuk beroperasi.


Dalam aturan Bank Indonesia (BI) dompet digital yang ingin beroperasi melayani turis harus bekerja sama dengan bank umum kegiatan usaha (BUKU) IV.


Dengan masuknya WeChat Pay ke Indonesia, Ricky mengatakan Indonesia bisa mendapat keuntungan untuk mengetahui seberapa banyak turis-turis mancanegara dalam berbelanja di Indonesia.

"Sekarang kan [Turis berbelanja] tidak tercatat. Tapi kalau lewat QRIS tercatat. Berapa sih teman-teman turis berbelanja lewat QRIS," kata Ricky melanjutkan.

Untuk diketahui, per 1 Januari 2020, seluruh penyedia layanan pembayaran nontunai wajib menggunakan Quick Response (QR) Code. Hal itu dilakukan untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesia Standard (QRIS).

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading