Lei Jun Ungkap Nama Perusahaan Sebelum Pakai Xiaomi

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
13 January 2020 10:31
Lei Jun Ungkap Nama Perusahaan Sebelum Pakai Xiaomi
Jakarta, CNBC Indonesia - Untuk memperingati 10 tahun komunitas Xiaomi, co-founder sekaligus CEO Xiaomi, Lei Jun mengungkapkan fakta menarik bahwa Xiaomi hampir dinamakan Xuande atau Red Star ketika didirikan.

Dilansir dari Gizmochina, (13/1/2020), Lei Jun bercerita di akun Weibo pribadinya, awalnya beberapa anggota pendiri duduk untuk rapat, pertemuan resmi pertama dilakukan pada 14 Januari 2010. Dalam pertemuan itu, topik utama diskusi adalah penamaan merek. 

Rupanya, Red Star adalah salah satu yang pertama diusulkan tetapi ditolak karena takut bermasalah dengan merek dagang tertentu.


Nama lain yang dipasang adalah Xuande tetapi itu juga tidak disetujui karena tidak terdengar menarik. Daftar nama yang diperkirakan berjumlah ratusan dan termasuk Red Storm, Xuande, Qianqi, Antong, Lingxi dan banyak lagi.


Sejak Xiaomi identik dengan panggilan "MI", yang juga merupakan logo perusahaan. Lei Jun menjelaskan bahwa itu bukan sekedar akronim belaka namun juga tersirat dua makna yang berbeda. 

Yang pertama adalah Mobile Internet, karena Xiaomi akan menjadi perusahaan dengan layanan mobile internet. Yang kedua adalah Mission Impossible karena perusahaan akan melakukan dan menyelesaikan tugas yang tampaknya mustahil, sulit atau belum pernah dilakukan.

Foto: CEO Xiaomi Lei Jun (CNBC Indonesia)

Terakhir, pendiri juga membagikan sebuah pepatah Buddha yang menggambarkan nilai-nilai yang disebutkan di atas yang menghubungkan sebutir beras dengan gunung besar.

Informasi tambahan, pada awal tahun 2020 Xiaomi sendiri telah bergerak cepat untuk menguasai pasar Indonesia dengan meluncurkan Xiaomi Mi Note 10.

Mi Note 10 menjadi ponsel baru pertama yang diluncurkan pada tahun ini. Xiaomi Mi Note 10 memiliki keunggulan pada kameranya, yakni membawa 5 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama dengan resolusi 108MP, dua kamera telephoto 12MP + 5MP, kamera ultrawide 20MP, dan kamera makro 2MP.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading