Wih, Google Assistant Bisa Baca Artikel Panjang Buat Kamu

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
09 January 2020 15:37
Google Assistant bakal bisa membaca teks panjang dengan suara lantang tetapi lebih natural tidak seperti suara digital.
Jakarta, CNBC Indonesia - Google mengumumkan layanan terbaru dari Google Assistant di ajang Costumer Electronics Show (CES) 2020. Asisten pintar ini bisa membawa teks panjang dengan lantang tetapi dengan suara yang lebih natural tidak seperti suara digital.

Untuk saat ini fitur ini masih terbatas pada membaca artikel, postingan blog dan cerita pendek di web. Namun ke depannya layanan ini sepertinya akan diperluas pada hal-hal yang lebih kompleks seperti PDF yang didownload.


Mengutip Mashable, Kamis (9/1/2020), Google mengklaim teknologinya ini berbeda dengan software pembaca layar karena suara dan irama yang terdengar alami sehingga pengguna tidak kesulitan mendengar audio dalam jangka waktu yang lebih lama.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna menarik sebuah artikel atau postingan blog di android ponsel kemudian mengatakan "Hey Google, read it," atau "Hey Google, read this page." Google assistant akan mampu membaca dan menerjemahkan artikel ke 42 bahasa.


Sayangnya dalam presentasi di CES 2020, Google tidak menyebutkan kapan pembaruan ini akan hadir di ponsel Android. Google hanya menyatakan mereka sedang bereksperimen dengan fitur seperti auto-scroll text di mana pengguna dapat mengikuti kata yang sedang dibacakan dengan kencang.

Google Assistant juga sedang mengerjakan fitur "scheduled actions" yang memungkinkan untuk menghidupkan/mematikan atau memulai/menghentikan ponsel pada waktu yang diinginkan.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading