Terheboh di 2019

Ramai Soal Unicorn Kebanggaan Jokowi, Tapi Dikuasai Asing

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
31 December 2019 14:29
Jakarta, CNBC Indonesia - Ada banyak peristiwa yang terjadi di sepanjang tahun ini, dan CNBC Indonesia merangkum kembali berita-berita terpopuler di Indonesia. Salah satunya soal startup unicorn yang dibangga-banggakan calon presiden nomor urut 01 di debat Capres-Cawapres.

Saat itu, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan nomor urut 02 Prabowo Subianto berdebat panas soal bagaimana memajukan industri startup dalam negeri.


Perdebatan dimulai saat Jokowi bertanya ke Prabowo. "Infrastruktur apa yang akan Bapak bangun untuk dukung pengembangan unicorn-unicorn Indonesia?"


Mendengar pertanyaan tersebut, Prabowo sempat tampak kebingungan sesaat, "Yang Bapak maksud Unicorn? Unicorn? yang apa itu online online itu?" tanya Prabowo, Minggu (17/2/2019).

Tak lama, Prabowo langsung menjawab bahwa yang akan ia lakukan untuk dukung Unicorn lokal adalah dari sisi regulasi. "Kurangi regulasi, kurangi pembatasan karena mereka lagi giat-giatnya, pesat-pesatnya berkembang jadi saya akan dukung segala upaya untuk memperlancar mereka," jelasnya.

Ia melanjutkan saat ini para pelaku startup dinilai terbebani karena adanya tambahan regulasi maupun pajak dari pemerintah dalam perdagangan online. "Ini yang mereka mengeluh, jadi saya menyambut baik dinamika perkembangan bisnis seperti itu. Luar biasa pesat dan memungkinkan peluang besar, saya sangat dukung hal seperti itu."

Mendengar jawaban Prabowo, Jokowi sebagai petahana pun menanggapi bahwa dalam rangka mendorong unicorn yang saat ini ada 4 di Indonesia, pemerintah sudah siapkan program 1000 startup baru. "Nanti kita link dengan inkubator global. Kita juga membangun Palapa Ring di Indonesia barat 100% seelsai, tengah 100%, dan di timur 90% selesai dan insya Allah di Juni selesai."

Unicorn sendiri merupakan perusahaan rintisan atau startup yang memiliki valuasi hingga US$1 miliar. Valuasi startup sendiri adalah nilai ekonomi dari bisnis yang dilakukan sebuah startup.

[Gambas:Video CNBC]

Investor Asing di belakang Startup Unicorn RI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4 5
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading