IndoXXI Pamit, Netizen: Trims Lebahganteng dan Pein Akatsuki

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
25 December 2019 13:41
IndoXXI Pamit, Netizen: Trims Lebahganteng dan Pein Akatsuki

Jakarta, CNBC Indonesia - Situs web streaming dan situs torrent pengunduh film gratis, IndoXXI bakal menutup layanan per 1 Januari 2020. Situs streaming ilegal tersebut sempat berpamitan kepada para penonton lewat tulisan di halaman depannya.

"Sangat berat tapi harus dilakukan. Terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020 kami akan menghentikan penayangan film di website ini," tulis situs tersebut dalam penggalan pengumumannya, Selasa (24/12/2019).

"Penutupan dilakukan demi mendukung dan memajukan industri kreatif tanah air, semoga ke depannya akan menjadi lebih baik. Salam, INDOXXI," tutupnya.



Tentu netizen merasa kecewa dan sedih karena penutupan website tersebut. Bahkan mereka makin sedih ketika mengetahui karya-karya dua penerjemah subtitle kesohor dunia maya, Lebahganteng dan Pein Akatsuki tidak akan mereka nikmati kembali.

Kepergian IndoXXI, dan karya-karya subtitle Lebahganteng dan Pein Akatsuki pun menjadi trending di Twitter.

"Tidak semua pahlawan memakai jubah #lebahganteng #PeinAkatsuki" tulis salah satu netizen di Twitter.

"Kalimat perpisahan yang menyedihkan. We love you Indoxxi, Lebahganteng dkk. Kami akan merindukan kalian #lebahganteng" tulis lainnya.


"Terimakasih atas dedikasinya selama ini yang sudah membantu kita-kita sebagai kaum yang belum terlalu paham dengan bahasa asing #lebahganteng #indoxxi" tulis netizen lainnya.

Nama Lebahganteng dan Pein Akatsuki sering muncul di awal film-film yang hadir di streaming website atau hasil mengunduh di Torrent. Bagi sebagian penikmat film di negara ini, mereka adalah pahlawan. Terutama bagi penonton yang butuh terjemahan bahasa Indonesia saat menyaksikan film atau serial televisi mancanegara.

Situs IndoXXI juga menjadi primadona kala layanan streaming legal seperti Netflix diblokir negara. Bahkan netizen tetap mengakses IndoXXI karena pelbagai layanan streaming legal di Indonesia tidak memiliki koleksi film dan serial selengkap website tersebut.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate buka-bukaan soal rencana pemerintah untuk memblokir situs streaming film IndoXXI pada tahun 2020. Johnny menjelaskan posisi pemerintah adalah tak ingin Indonesia marak dengan pembajakan dan penjiplakan.


"Emang negara ini bisa maju kalau bajak-bajakan, sarjana pakai bajakan bisa gak?" kata Johnny, Senin (23/12/2019).

Ia menegaskan, keinginan kementerian adalah untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam negeri. "Kalau bajak terus, negara kita masuk daftar negatif negara lain," lanjutnya.

Selain itu, pertimbangan lainnya adalah Johnny tidak ingin Indonesia seperti salah satu negara, yang tidak mau ia sebut, yang sedang dituntut karena maraknya pembajakan.

Menurut survei terbaru YouGov mengungkap kebiasaan netizen dalam mengkonsumsi film. Ternyata 63% warganet di Indonesia menonton situs web streaming atau situs torrent, dan sebagian besar menonton situs IndoXXI.

Survei yang ditugaskan Coalition Against Piracy (CAP) menunjukkan 35% pengguna ISD mengakses situs IndoXXI. Sebagian besar pengakses situs ini berada dalam usia 18-24 tahun. Lainnya, 29% menggunakan TV box yang dapat digunakan untuk melakukan streaming konten televisi dan video atau film bajakan.

Sebelumnya, jagad Twitter juga ramai dengan komentar sedih para netizen soal pamitnya IndoxXI.

Netizen lain bahkan sampai menyampaikan argumentasi mengenai sederet kelebihan IndoXXI. Akun @dahmakanlom membalas cuitan dari @moiwithispoon dan @moviemenfess dengan memberikan usulan.

"Just my opinion tho :) ada banyak film yg kelewat ditonton dan abis itu ga tayang di tv, atau ga lewat di bioskop indo samasekali. Mungkin misal pemerintah mau bikin situsnya sendiri? Atau tayangin di tv? Apapun deh. Ga harus di indoxxi. Ga semua org punya uang buat ke bioskop," ujar @dahmakanlom.


Lebih dari itu, ada netizen yang membandingkan pengelolaan IndoXXI dengan situs pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS). Betapa tidak, belakangan situs CPNS beberapa kali eror karena kebanyakan diakses dalam waktu bersamaan.

"Tapi serius deh, pemerintah kita harusnya aware sama kecekatan pengurus IndoXXI. Mau dihajar jutaan orang dalam waktu yang sama juga gak bakal down. Situs CPNS mah gak ada apa-apanya," tulis pemilik akun @HabisNontonFilm.



[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading