Internasional

No Kaleng-kaleng! Ni Kado Natal Warren Buffett ke Keluarganya

Market - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
25 December 2019 10:27
No Kaleng-kaleng! Ni Kado Natal Warren Buffett ke Keluarganya
Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Berkshire Hathaway, miliarder Warren Buffett yang membangun kekayaannya melalui berbagai strategi, memang terkenal berhati-hati memutuskan bagaimana cara membelanjakan dan menginvestasikan uangnya. Termasuk dalam membeli hadiah liburan untuk keluarganya.

Menurut mantan menantu perempuannya Mary, bukan uang tunai US$ 10.000 yang diberikan melainkan memberikan saham berjumlah sama US$ 10.000. Mary sendiri pernah menikah dengan putra Buffett, Peter dari tahun 1980 hingga 1993.


"Pada suatu musim, ada sebuah amplop dengan surat darinya. Alih-alih uang tunai, dia memberi kita saham senilai US$ 10.000 di perusahaan yang baru dia beli, sebuah kepercayaan yang dimiliki Coca-Cola," beber Mary kepada ThinkAdvisor pada Oktober lalu sebagaimana dilansir CNBC International.


Mary mengatakan bahwa dalam surat itu, Buffett memberi tahu setiap anggota keluarga bahwa mereka bisa menguangkan atau menyimpannya. Mary memberi tahu ThinkAdvisor bahwa ia menyimpan saham tersebut.

"Saya pikir, 'Ya, (saham ini) bernilai lebih dari US$ 10.000.' Jadi, saya menyimpannya, dan terus naik. Lalu, setiap tahun ketika dia memberi kami stok ... saya hanya akan membeli lebih banyak karena saya tahu itu akan naik," lanjut Mary.



Menurut Stockpile, persediaan kartu stok elektronik dengan harga bervariasi dari US$ 10 hingga US$ 2.000 memungkinkan pelanggan untuk membeli kartu hadiah yang dapat ditukar oleh penerima untuk saham fraksional di berbagai perusahaan dan ETF, yang masuk ke akun broker Stockpile. CNBC Internasional sebelumnya melaporkan bahwa Stockpile mengenakan biaya 3%, dan biaya perdagangan 99 sen.

Buffett bukan satu-satunya pemberi hadiah saham kepada kerabat. Pada tahun 2017, Kanye West memberi istrinya, Kim Kardashian West saham senilai lebih dari US$ 100.000 di perusahaan-perusahaan seperti Apple, Amazon, dan Disney.

Lewat akun Instagram, Kardashian West mengungkapkan hadiah itu termasuk 920 saham Disney dan sekitar 995 saham di Adidas.

Buffett juga dikenal memberi permen dari toko See's Candies kepada teman dan kerabat. Toko See's Candies merupakan favoritnya. Karena Buffett sangat mencintai See, perusahaannya, Berkshire Hathaway membeli toko itu pada tahun 1972.

Namun Buffett dikabarkan menyukai permen Teng Teng Kacang seharga US$ 11,70 per 10 ons di See's Candies. Selain memberikan See's Candy kepada teman dan keluarga, Buffett dan mitra bisnisnya, Charlie Munger, juga dikenal sering mengkonsumsi Teng Teng Kacang produksi See selama pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire.

Mary juga membeberkan jika Buffett tidak menginginkan hadiah apapun yang diberikan oleh kerabat.

"Tahun pertama (Peter dan saya) menikah, saya sadar 'Warren sangat kaya. Karena itu, dia tidak menginginkan apa pun'. Saya tidak tahu harus bagaimana mendapatkannya, jadi saya mengumpulkan neraca perusahaan musik kami untuk menunjukkan kepadanya bahwa kami menghasilkan uang," ujar Mary yang sempat mendirikan perusahaan musik pasca-produksi, Independent Sound dengan Peter.

[Gambas:Video CNBC]





(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading