Facebook Masuk Bisnis Cloud Gaming, Tantang Google Stadia

Tech - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
23 December 2019 16:46
Facebook dikabarkan mengakuisisi sebuah perusahaan bermarkas di Spanyol yang memiliki spealisasi di bidang cloud gaming yaitu PlayGiga, tantang Google Stadia.
Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook dikabarkan telah mengakuisisi sebuah perusahaan bermarkas di Spanyol yang memiliki spealisasi di bidang cloud gaming yaitu PlayGiga untuk menantang Google Stadia.

Facebook mengumumkan hal tersebut di Twitter resminya pada 19 Desember 2019, "Kami sangat senang menyambut @PlayGigaOficial ke tim Facebook Gaming. Kami akan menolak komentar lebih lanjut untuk saat ini."


Selain itu, PlayGiga juga memposting pernyataan di situs webnya yang memberikan petunjuk tentang masa depannya bersama Facebook, "Kami melanjutkan pekerjaan kami di cloud gaming, sekarang dengan misi baru."

Dengan mengakusisi PlayGiga, nampaknya Facebook serius untuk masuk pada pasar cloud gaming yang kini berkembang berkat masuknya beberapa pemain besar.


Bulan lalu, Google telah meluncurkan layanan Stadia, sementara Microsoft akan meluncurkan platform cloud gaming-nya yang bernama xCloud pada tahun 2020. Sementara itu, Sony telah memiliki layanan cloud gaming lebih dulu yakni PlayStation Now yang diluncurkan pada 2014.

Dibandingkan dengan tiga perusahaan raksasa itu, PlayGiga adalah perusahaan cloud gaming yang jauh lebih kecil, tetapi berencana untuk terus memperluas wilayah operasinya. Sampai saat ini, layanan PlayGiga bisa di akses di empat tempat yaitu Itali, Argentina, Chili, dan Spanyo


Dilansir dari laporan Variety, (23/12/2019), mencatat bahwa mereka sebelumnya merencanakan peluncuran di Timur Tengah, dan telah membuat penawaran  yang kuat di Swedia, Austria, Belanda dan Guatemala. 

Tidak ada jaminan bahwa Facebook akan sukses dengan mengakusisi PlayGiga untuk meluncurkan layanan cloud gaming-nya sendiri, tetapi hubungan penerbit PlayGiga dan teknologi streaming akan membuatnya jauh lebih mudah untuk melakukannya.

[Gambas:Video CNBC]



(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading