Ini Jenis iPhone yang Dirakit di Foxconn Pakai Komponen Cacat

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
19 December 2019 14:49
Beberapa pekerja di pabrik Foxconn Zhenghou di China diduga menjalankan bisnis sampingan ilegal dengan merakit dan menjual iPhone menggunakan komponen cacat.
Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa pekerja di pabrik Foxconn Zhenghou di China diduga menjalankan bisnis sampingan ilegal dengan merakit dan menjual iPhone menggunakan komponen cacat yang seharusnya dimusnahkan.

Melansir dari Daily Mail, Kamis (19/12/2019), beberapa komponen cacat yang digunakan dalam iPhone rakitan tersebut adalah panel belakang, casing iPhone, kaca safir untuk tutup kamera iPhone. Biasanya 3-5% komponen yang diproduksi Foxconn tak lolos kendali mutu.

Komplotan ini kemudian menggunakan komponen cacat ini untuk merakit iPhone yang berfungsi secara normal dan dijual ke publik. Karena diproduksi di fasilitas Foxconn maka perangkat iPhone ini dianggap sebagai barang resmi.


Diperkirakan ada 300.000 iPhone yang dirakit dari komponen cacat yang beredar di pasar dengan total penghasilan US$43 juta atau setara Rp 602 miliar (asumsi US$1 = Rp 14.000). Aksi ini sudah dilakukan selama tiga tahun terakhir.

Soal jenis perangkat, smartphone rakitan ini termasuk iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.

Kasus kejahatan ini terungkap setelah salah satu anggota komplotan berselisih dengan Pengusaha Taiwan yang disebut sebagai dalang dari aksi penipuan ini. Aksi ini dikabarkan sudah diketahui oleh CEO Apple Tim Cook pada Juni 2019 dan sudah meluncurkan audit internal di Foxconn.

Mantan Chairman Foxconn Terry Gou menolak mengomentari laporan tersebut tetapi menyebut kecurangan ini bisa saja terjadi di perusahaan sebesar Foxconn. "Hal tak diinginkan mungkin saja dilakukan oleh satu atau dua pegawai pada perusahaan sebesar Foxconn," ujarnya seperti dikutip dari Apple Insider.

Foxconn sendiri telah membantah laporan tersebut dengan menyebut pihaknya selalu mengikuti kode etik yang ada dan mengharuskan karyawan mematuhi etika dan norma di tempat kerja.

Foxconn merupakan perusahaan perakit utama iPhone dan pabrik di Zhengzhou adalah fasilitas produksi utama Foxconn yang mampu memproduksi setengah juta perangkat per hari. Pabrik ini mempekerjakan 350.000 karyawan dengan produksi 500.000 unit sehari.

Kompleks Zhengzhou dibangun pada 2010, dan telah mendapat julukan 'Kota iPhone' karena produksi volume tinggi. Menurut sebuah laporan, seorang pekerja di fasilitas ini bisa menangani 1.700 iPhone selama kerja 12 jam.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading