Teknologi GoPay Makin Jadi Andalan untuk Pengumpulan Donasi

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
19 December 2019 11:20
Laporan The Legatum Prosperity Index 2019 mengungkapkan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat relawan tertinggi di dunia.
Jakarta, CNBC Indonesia - Tingginya semangat kerelawanan di Indonesia diakui berdasarkan laporan The Legatum Prosperity Index 2019 yang mengungkapkan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat relawan tertinggi di dunia.

Antusiasme kerelawanan ini pun membuat dompet elektronik terobosan Gojek, GoPay Indonesia menyediakan instrumen digital penggalangan dana publik melalui kode QR GoPay berbasis format QRIS. Kemudahan yang diberikan GoPay ini mendukung pengembangan ekosistem kerelawanan.

GoPay Public Affairs Manager Armyn Gita mengatakan, di era disrupsi digital, kegiatan seperti Festival Relawan memberikan perspektif segar terkait perkembangan isu non-profit dan spesifik isu kerelawanan. Festival ini digelar oleh komunitas Indorelawan, yang telah menjaring 120 ribu relawan dengan lebih dari 2.200 organisasi sosial yang terdaftar dari seluruh Indonesia.



Di Festival Relawan, organisasi, komunitas, dan individu berkesempatan untuk berbagi kisah kerelawanan, sambil saling menginspirasi bersama.

"Sebagai perusahaan teknologi, GoPay terus mendukung pengembangan ekosistem kerelawanan di Indonesia yang inklusif dan mengedepankan semangat gotong royong. Melalui teknologi QR code yang dihadirkan GoPay, kami berharap partisipasi publik baik hal pendanaan maupun aktivitas kerelawanan bisa terus tumbuh," kata Armyn dalam siaran resminya, Senin (16/12/2019).

Armyn menambahkan, melalui inisiatif GoPay for Good, yakni pemanfaatan kode QR GoPay berbasis QRIS, penggalangan dana menjadi lebih mudah, aman dan transparan dan dapat menjangkau donatur lebih luas. Festival Relawan 2019 sekaligus menjadi ajang sosialisasi pemanfaatan QR code bagi masyarakat luas bukan cuma untuk transaksi sehari-hari tapi juga untuk berdonasi digital.


Direktur Eksekutif Indorelawan Marsya Nurmaranti mengatakan Kerjasama GoPay dengan Indorelawan bukan yang pertama kali. Sebelumnya, GoPay bersama Indorelawan menggelar sesi pelatihan bertajuk "Belajar Berbagi" bersama komunitas non-profit mengenai strategi kampanye di media sosial.

"Kolaborasi ini menjadi bukti bahwa teknologi dapat membantu dan menghubungkan kebaikan tanpa batas," katanya.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading