Duh, Gampangnya Banjir Barang Impor dari Lazada & Shopee Cs

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
17 December 2019 15:52
Mudahnya memesan dan membeli barang impor dari e-commerce Lazada dan Shopee.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto geram dengan banjir produk impor yang dibeli dengan mudah melalui e-commerce. Karena itu, ia ingin mengkaji kembali aturan ambang batas tarif bea masuk atas barang impor.

Saat ini barang impor yang masuk Indonesia dengan harga di bawah US$75 atau setara Rp 1 juta (asumsi US$1 = Rp 14.000) tidak dikenakan bea masuk. Revisi ini tentunya mendorong agar batas maksimal barang bawaan yang tidak kena bea masuk bisa lebih rendah lagi di bawah US$75.

"Saat ini kan lebih dari US$75 dikenakan tarif, sedangkan ke bawah tidak. Nah, mungkin kami akan revisi karena aturan ini mengganggu produk dalam negeri. Jadi enggak US$75 lagi, tapi di bawah ini," ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Jakarta, Senin (16/12/2019).


Mudahnya memesan dan membeli barang impor melalui e-commerce membahayakan bagi produk lokal dan membebani neraca dagang Indonesia sehingga defisit transaksi berjalan (current account defisit) membengkak.

Semudah apa memesan dan mendatangkan barang impor ke Indonesia? Menurut penelusuran CNBC Indonesia, barang impor tersebut bisa dengan mudah ditemukan dan dipesan melalui e-commerce Lazada dan Shopee.

Kedua e-commerce ini dimiliki investor asing. Shopee dimiliki SEA Singapura dan Lazada milik Alibaba Group. Kedua e-commerce ini memang menerapkan sistem transaksi cross border atau lintas negara.

Contohnya: penjual online Mini Fashion di Lazada. Pedagang online ini menjual jam tangan merek Yazole Vintage. Barang ini harga Rp 58.045 per unit atau bebas bea masuk. Barang ini langsung dikirim dari Tiongkok China dengan biaya pengiriman yang murah antara Rp 9.000 hingga Rp 16.000. Waktu pengirimannya 3-16 hari.

Semudah Itu Datangkan Barang Impor dari Lazada & ShopeeFoto: Penjual online di Lazada (Ist)

Lainnya: Pedagang online Phoenix Mall yang berjualan di Lazada yang menjual pakaian Cheongsam seharga Rp 121.700 per piece. Barang dikirim langsung dari China dengan ongkos kirim gratis untuk pengiriman standar.

Semudah Itu Datangkan Barang Impor dari Lazada & ShopeeFoto: Pedagang online di Lazada (Ist)

Di Shopee ditemukan penjual Fairstore yang menjual salap khusus alergi dengan harga Rp 12.400 per unit dengan ongkos kirim gratis dan dijanjikan akan tiba dari China ke alamat dalam 10 hari.

Semudah Itu Datangkan Barang Impor dari Lazada & ShopeeFoto: Pedagang online (Ist)

Pedagang Smartdigital membuka lapak di Shopee. Pedagang online ini menjual koyo pengobatan untuk merampingkan pinggang dan perut yang dikirim langsung dari China dengan harga Rp 12.807 hingga Rp 38.424. Barang ini dikirim dengan tanpa biaya pengiriman atau gratis ongkir.

Semudah Itu Datangkan Barang Impor dari Lazada & ShopeeFoto: Pedagang Online (Ist)



(roy/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading