Merger Facebook, WhatsApp & Instagram Berpotensi Diblokir?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
16 December 2019 12:03
The Federal Trade Commission (FTC) sedang mempertimbangkan untuk memblokir integrasi Facebook Messenger, WhatsApp dan Instagram.
Jakarta, CNBC Indonesia - The Federal Trade Commission (FTC) sedang mempertimbangkan untuk memblokir integrasi Facebook Messenger, WhatsApp dan Instagram. Diskusi ini masih dalam tahap awal dan belum ada keputusan final.

Menurut tiga orang yang mengetahui informasi ini, FTC sedang membahas apakah penyatuan infrastruktur teknis aplikasi milik Facebook ini akan mempersulit akan potensi pemisahan Facebook ketika agensi ini memutuskan akuisisi tersebut menggurangi persaingan dan memicu monopoli di jejaring sosial.


FTC dan Facebook menolak mengomentari pemberitaan ini. Potensi pemblokiran ini pertama kali dilaporkan The Wall Street Journal dan lansir CNBC Indonesia dari The New York Times, Senin (16/12/2019).


Facebook dan raksasa teknologi besar lainnya - Google, Apple, dan Amazon -sedang mendapat sorotan tajam atas bagaimana mereka menggunakan kekuatan mereka memengaruhi dan menguasai pasar.

Facebook telah menjadi perhatian khusus karena posisinya yang dominan di jejaring sosial dan bagaimana ia mencaplok saingannya yang lebih kecil seperti Instagram dan WhatsApp, yang menjadi penopang keunggulannya bersaing.

Pada bulan Juli, Facebook mengungkapkan sedang dalam penyelidikan FTC karena masalah antimonopoli. Departemen Kehakiman, Kongres dan jaksa agung negara bagian juga memeriksa apakah Facebook telah bertindak anti kompetisi.

Para akademisi antimonopoli telah memberikan kajian untuk memecah Facebook. Mereka berpendapat Facebook membuat "akuisisi defensif serial" untuk melindungi keunggulannya di pasar jejaring sosial.

Langkah ini menjadi tindakan yang tidak biasa yang dilakukan FTC karena meninjau kembali merger yang sudah diselesaikan. Mayoritas anggota komisioner FTC harus menyetujui langkah ini dan harus mampu menunjukkan di pengadilan bahwa aksi ini melanggar aturan anti monopoli.

[Gambas:Video CNBC]

Alasan Mark Zuckerberg Integrasi Tiga Aplikasinya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading