Ini Duan Yongping 'Godfather' Ponsel China, Bos Oppo & Vivo

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
03 December 2019 15:18
Foto: Duan Yongping (Ist via DetikInet)
Jakarta, CNBC Indonesia - BBK Electronics kini diperhitungkan sebagai salah satu raksasa teknologi China yang menguasai pasar ponsel dunia. Maklum, BBK merupakan induk usaha dari Oppo, Vivo, Realme dan OnePlus.

Menurut Data Counterpoint Research, pada kuartal III-2019, Oppo adalah produsen ponsel terbesar keempat di dunia dari sisi pengapalan. Vivo dan Realme masing-masing berada di peringkat enam dan tujuh. BBK Group mengapalkan 72,4 juta unit ponsel.


BBK didirikan oleh Duan Yongping pada 1995. Duan Yongping pun dianggap sebagai "godfather" smartphone China, di mana ia mengembangkan dua brand besar Oppo dan Vivo yang bersaing dengan Samsung Electronics, Apple, Huawei. OnePlus dan Realme pun diprediksi akan menjadi pemain internasional berikutnya.


Duan Yongping merupakan miliuner China yang tertutup tetapi dermawan. Huran China Rich List menghitung kekayaannya mencapai US$1,5 miliar atau setara Rp 21 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000).

Ini Duan Yongping 'Godfather' Ponsel China, Bos Oppo & VivoFoto: Oppo reno 2 (Dok. Oppo)

Kesuksesan Duan Yongping saat ini merupakan buah dari kerja kerasnya. Duan muda lahir dari keluarga sederhana di provinsi Jiangxi, China. Ia merupakan alumnus dari jurusan teknik elektronik nirkabel Universitas Zhengjiang pada 1978.

Setelah sebentar bekerja sebagai guru di pusat pendidikan Pabrik Radio Rube Beijing, ia melanjutkan pendidikan ke Renmin University mengambil jurusan ekonomi pada 1989, seperti dikutip dari South China Morning Post, Selasa (3/12/2019).


Pada tahun yang sama, ia bergabung dengan Zhongshan Yihua Group untuk mengelola unit bisnis yang bermasalah dan mengubahkan menjadi menguntungkan.

Di perusahaan ini kemudian Duan Yongping membuat unit konsol video game murah bernama Subor Electronics Industry Corp dan menduduki posisi chief executive.


Subor Electronics ternyata sukses dengan menghadirkan versi murah dari Nintendo Famicom dan menghadirkan menghasilkan penjualan hingga 1 miliar yuan atau setara US$148 juta pada 1995.

Dirikan BBK Electronics
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading