Bikin GrabWheels Aman, Grab Kerja Sama dengan Dishub DKI

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
15 November 2019 17:59
Bikin GrabWheels Aman, Grab Kerja Sama dengan Dishub DKI
Jakarta, CNBC Indonesia- Grab Indonesia dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan bekerja sama untuk menciptakan tata lalu lintas yang aman bagi pengguna alat mobilitas pribadi di Jakarta, seperti GrabWheels.

Manajemen Grab telah bertemu dengan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Jumat (15/11/2019). Dalam pertemuan ini disepakati untuk bekerja sama serta langkah selanjutnya dalam mewujudkan ekosistem alat mobilitas pribadi yang aman bagi semua pengguna. Alat mobilitas pribadi tersebut mencakup sepeda, skuter listrik, skateboard, roller skate dan sejenisnya.

"Kami akan terus menjalankan dan mengembangkan berbagai standar keselamatan yang sudah menjadi bagian dari layanan GrabWheels sejak awal demi keamanan dan kenyamanan seluruh pihak," kata Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata seperti dikutip dari keterangan resminya.





Seiring dengan rencana transportasi pintar dan ramah lingkungan yang dicanangkan di Indonesia, Grab melihat bahwa skuter listrik sebagai Alat Mobilitas Pribadi akan berperan penting dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Alat transportasi ini merupakan inovasi transportasi yang terintegrasi, moda transportasi first-and last mile, serta dapat mengurangi polusi udara.

Salah satu alat mobilitas pribadi yang dioperasikan oleh Grab adalah skuter listrik melalui layanan GrabWheels. Untuk itu Grab menerapkan berbagai fitur dan inisiatif keselamatan untuk penggunaan GrabWheels.

Adapun peraturan tersebut diantara adalah hanya untuk 18 tahun ke atas, cek rem dan tombol gas, selalu gunakan helm, turun dan tuntun skuter di jembatan, jaga batas kecepatan di 15 km per jam, pakai sepatu tertutup, skuter hanya untuk 1 orang, dan jangan melawan arus.

Pastinya, edukasi peraturan diatas telah kami sampaikan kepada pengguna saat membuka aplikasi fitur GrabWheels di aplikasi.




GrabWheels juga telah dilengkapi dengan lampu dan reflektor cahaya yang akan otomatis menyala di malam hari. Adapun kecepatan maksimal GrabWheels adalah 15 km/jam untuk menyesuaikan kondisi jalan dan keselamatan berkendara.

Bekerja sama dengan Dinas Bina Marga, Grab juga telah menyediakan manajer stasiun di jembatan penyeberangan orang (JPO) untuk mencegah penggunaan GrabWheels di JPO. Manajer stasiun yang ada di area parkir akan mengedukasi pengguna terkait aturan ini dan juga aturan keselamatan lainnya, terutama di pukul 10 malam hingga 2 pagi sesuai dengan kesepakatan bersama Dinas Bina Marga.

[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading