Hati-hati Pakai Nama Grup, WhatsApp Kamu Bisa Diblokir

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
11 November 2019 18:10
Hati-hati Pakai Nama Grup, WhatsApp Kamu Bisa Diblokir
Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa pekan terakhir ini netizen atau warganet di Reddit (media sosial asal China) sedang heboh membicarakan soal pemblokiran WhatsApp. Mereka yang diblokir kini tak bisa lagi menggunakan WhatsApp secara permanen.

Belum diketahui dengan jelas kenapa pemblokiran tersebut bisa terjadi, namun beberapa netizen menyebut pemblokiran WhatsApp secara permanen karena menggunakan nama grup yang 'mencurigakan".


Salah satu yang melaporkan hal ini adalah pemilik akun Mowe11. Menurutnya, anggota grup WhatsApp universitasnya mengubah nama grup dengan nama ilegal tak berselang beberapa ia dan semua anggota grup tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp.


Pengguna Raddit lainnya, mengunakan akun FranciscoAlfaro, mengklaim grup WhatsApp yang berisi 100 akun diblokir secara permanen. Ia mengetahui hal ini pada saat bangun pagi dan WhatsApp tidak menjelaskan alasan pemblokiran tersebut.

Pemilik akun PiTiXX juga mengungkapkan hal yang sama. Temannya telah mengubah nama grup di mana nama barunya mencurigakan. Sesaat kemudian muncul laporan di Twitter ia tidak dibolehkan WhatsApp karena menggunakan nama grup terlarang atau ilegal, seperti dikutip dari Gizchina, Senin (11/11/2019).

Ketika pengguna menghubungi WhatsApp untuk meminta klarifikasi, mereka hanya mendapat balasan otomatis yang mengatakan mereka telah melanggar ketentuan layanan. Tidak diketahui bagaimana WhatsApp bisa mendeteksi grup dengan nama 'mencurigakan'.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading