Bill Gates: OS Ponsel Terbesar Harusnya Windows Bukan Android

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
07 November 2019 18:23
Bill Gates: OS Ponsel Terbesar Harusnya Windows Bukan Android Foto: Bill Gates pendiri Microsoft (REUTERS/Francois Lenoir)
Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Microsoft Bill Gates menyatakan Windows seharusnya jadi operating system (OS) ponsel terbesar di dunia jika saja Departemen Kehakiman AS tidak menyeret Microsoft dalam kasus monopoli.

"Tidak ada keraguan bahwa gugatan antimonopoli itu buruk bagi Microsoft. Jika tak ada gugatan tersebut kami akan fokus kembangkan OS Windows Mobile dan tak banyak orang yang menggunakan Android hari ini," ujar Bill Gates, seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (7/11/2019).


Bill Gates mengungkapkan tinggal selangkah lagi Microsoft meluncurkan Window Mobile. OS tersebut rencananya akan digunakan pada ponsel Motorola. Namun Microsoft terlambat tiga bulan dalam pembuatan OS ponsel ini.


Saat ini hanya ada dua OS ponsel yang dominan di dunia. Yakni Android milik Google dan iOS milik Apple. Microsoft memiliki Windows pernah mengembangkan OS ponsel namun dihentikan karena tudingan monopoli. Hal ini menjadi salah satu penyesalan terbesar Bill Gates.

Penyelidikan kasus antimonopoli digulirkan Kementerian Kehakiman AS pada 1998. Penyelidikan ini telah membuat Bill Gates mengundurkan diri dari Microsoft dan menunjuk Steve Ballmer sebagai suksesornya.

Baru-baru ini Huawei meluncurkan OS baru yang diberi nama Hongmeng di China dan HarmonyOS di luar China. Huawei ternyata sudah tujuh tahun mengembangkan OS ini untuk mengurangi ketergantungan pada Android.

Bill Gates: OS Ponsel Terbesar Harusnya Windows Bukan AndroidFoto: infografis/Rekam Jejak Kekayaan Bill Gates Bersama Microsoft/Aristya Rahadian Krisabella
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading