Cerita Bill Gates Soal Windows Ponsel & Kejayaan Android

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
08 November 2019 12:06
Cerita Bill Gates Soal Windows Ponsel & Kejayaan Android Foto: Reuters
Jakarta, CNBC IndonesiaBill Gates percaya Microsoft harusnya dominan di bisnis ponsel bukan Android, jika saja tidak ada investigasi soal monopoli di awal tahun 2000-an.

Bill Gates mengatakan dia teralihkan karena kasus ini dan melewatkan deadline beberapa bulan untuk memasang Windows Mobile di perangkat Motorola.


Kesalahan ini membuat Android menjadi operating system (OS) yang paling banyak dipakai di dunia saat ini. Padahal pada awal tahun 2000-an Motorola merupakan produsen perangkat ponsel besar di dunia. Jika saja Windows Mobile jadi dipasang di ponsel bisa saja Android tidak akan sebesar sekarang ini.


"Tidak ada keraguan gugatan antimonopoli itu buruk bagi Microsoft. Jika saja kasus tersebut tidak ada kami akan fokus untuk. menciptakan OS ponsel dan orang akan menggunakan Windows Mobile ketimbang Android," ujar Bill Gates seperti dikutip dari Techradar, Jumat (8/11/2019).

Cerita Bill Gates Soal Windows Ponsel & Kejayaan AndroidFoto: Microsoft (Reuters)

"Kami sangat dekat dengan itu jika tidak ada kasus antimonopoli. Saya terlalu terganggu [dengan kasus tersebut]. Saya mengacaukannya karena gangguan tersebut."

Google masuk ke bisnis OS pada 2005 ketika mengakuisisi Android. Pada 2008, Google meluncurkan perangkat Android pertamanya. Apple meluncurkan iPhone pada 2007. Pasar bisnis ini diperkirakan mencapai US$400 juta.


Windows Phone memang tetap meluncur tetapi dianggap sudah terlambat. Ponsel yang menggunakan operating system milik Microsoft ini tidak mendapat sambutan baik dari pengguna.

Salah satu yang menggunakan Windows Mobile adalah Nokia. Tapi kini sudah beralih ke android. Microsoft juga berencana menggunakan android pada ponsel Surface Duo mendatang.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading