Bos Facebook Libra Sebut Bitcoin Emas Digital Tapi...

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
07 November 2019 16:50
Bos Facebook Libra Sebut Bitcoin Emas Digital Tapi... Foto: Ilustrasi Facebook cryptocurrency ( REUTERS/Dado Ruvic/Illustration)
Jakarta, CNBC Indonesia - Head Facebook Cryptocurrency Project David Marcus mengakui Bitcoin sebagai emas digital tetapi bukan mata yang yang baik untuk transaksi.

"Saya tidak merasa Bitcoin sebagai mata uang. Bitcoin sebenarnya bukan medium terbaik untuk pertukaran karena volatilitasnya," ujar David Marcus seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (7/11/2019). "Saya melihat Bitcoin sebagai emas."


Menurut Marcus, Bitcoin seperti Emas karena cryptocurrency ini dapat disimpan sebagai investasi sama seperti emas sebenarnya tetapi volatilitasnya membuat Bitcoin menjadi opsi buruk bagi manusia yang membuatkan sistem terbaik untuk mengirimkan uang antar negara.


Hal inilah yang diincar Facebook dengan Libra dan dompet digital Calibra. Tak seperti Bitcoin, Libra nantinya akan dikaitkan dengan mata uang utama dunia seperti dolar AS dan euro sehingga nilai tukarnya tak terlalu bergejolak dan lebih stabil.

David Marcus menjelaskan alasan utama Bitcoin belum diatur karena keberadaannya tidak dianggap sebagai medium pertukaran.

Facebook Libra merupakan perwujudan mimpi Mark Zuckerberg, Bos Facebook, yang ingin mengirimkan uang semudah mengirimkan pesan. Namun cryptocurrency ini mendapat banyak tentangan dari bank sentral dunia karena dianggap berdampak sistemik kepada sistem keuangan bila Libra bermasalah.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading