Intip Kekayaan Prabowo & Nadiem Makarim, Menteri Tertajir?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
24 October 2019 13:57
Prabowo Subianto dan Nadiem Makarim jadi menteri Joko Widodo (Jokowi) yang banyak menyedot perhatian publik karena latar belakangnya.
Jakarta, CNBC Indonesia - Prabowo Subianto dan Nadiem Makarim yang ditetapkan sebagai menteri dalam Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi) banyak menyedot perhatian publik. Ini karena latar belakang keduanya yang unik.

Prabowo Subianto adalah lawan politik Jokowi. Dua kali mereka bertarung dalam pemilihan umum Presiden. Tepatnya 2014 dan 2019. Prabowo dan Partai Gerindra sebelumnya menjadi oposisi pemerintah. Pada kabinet Indonesia Maju, Prabowo menduduki posisi menteri pertahanan.


Nadiem Makarim merupakan pendiri dan mantan CEO Gojek. Namanya begitu mentereng di kalangan para pegiat startup. Banyak yang menyebut dia akan menjadi menteri digital atau menteri komunikasi dan informatika, namun nyatanya Nadiem Makarim dipilih menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).


Lalu berapa kekayaan Prabowo Subianto dan Nadiem Makarim? Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) total kekayaan Prabowo mencapai Rp 1,92 triliun. Terdiri dari harta tanah dan bergerak Rp 230,4 miliar; alat transportasi dan mesin Rp 1,43 miliar; harga bergerak lainnya Rp 16,41 miliar; surat berharga Rp 1,7 miliar; kas dan setara kas Rp 1,84 miliar; dan utang nihil.

Intip Kekayaan Prabowo & Nadiem Makarim, Menteri Tertajir?Foto: Nadiem Makarim (CNBC Indonesia/Chandra Gian Asmara)

Berdasarkan laporan Globe Asia, Nadiem Makarim memiliki harta kekayaan US$100 juta atau setara Rp 1,4 triliun. Harta kekayaan ini didapatkan dari kepemilikan sahamnya di Gojek.

Menteri dengan kekayaan besar lainnya adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan yang memiliki kekayaan Rp 660 miliar dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang sebesar Rp 220 miliar. Ada pun Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate yang memiliki kekayaan Rp 126 miliar.

[Gambas:Video CNBC]






(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading