Akuisisi GoPay, PayPal Platform AS Pertama yang Garap China

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
01 October 2019 12:27
Pasar keuangan digital China akan kehadiran PayPal yang langsung berhadapan dengan WeChat Pay dan AliPay.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar keuangan China selama ini dikenal sangat tertutup bagi perusahaan asing. Namun perspektif berubah setelah PayPal Holding Inc diizinkan menggarap pasar pembayaran digital Negeri Tirai Bambu.

Ekspansi bisnis terlaksana setelah People Bank of China (PBoC) menyetujui rencana akuisisi 70% saham GoPay (Guofubao Information Technology Co). PayPal pun menjadi perusahaan pembayaran digital AS pertama yang menggarap bisnis pembayaran digital China.


Dalam keterangan resminya Goufubao, PayPal mengakuisisi saham pengendali melalui anak usaha berbasis di Shanghai, Yinbaobao Information Technology Co Ltd. Akuisisi ini ditargetkan rampung pada kuartal IV-2019. Tidak disebutkan nilai akuisisi tersebut, seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa (1/10/2019).


PayPal akan berhadapan langsung dengan dua pembayaran digital lokal yang menguasai pasar pembayaran digital, yakni WeChat Pay milik Tencent Holdings dan AliPay milik Ant Financial yang memiliki hubungan dengan Alibaba Group.


Pasar pembayaran digital China memang sangat menjanjikan. Riset Forst & Sulivan menyatakan pasar ini diperkirakan akan tumbuh menjadi US$96,73 triliun pada 2023, yang didorong dari peningkatan transaksi di e-commerce.

Laporan tersebut juga menyebutkan jumlah pengguna aktif pembayaran mobile melalui ponsel akan naik dari 562 juta di 2017 menjadi 956 juta di 2023.

Akuisisi GoPay, PayPal Platform AS Pertama yang Garap ChinaFoto: PayPal (REUTERS/Beck Diefenbach)

Berikut pernyataan resmi PayPal soal akuisisi ini:

The People Bank of China telah menyetujui rencana PayPal Information Technologies Co Ltd untuk akuisisi 70% saham Guofubao Information Technology Co Ltd (GoPay), pemegang lisensi bisnis pembayaran di Tiongkok.


Kami merasa terhormat menjadi platform pembayaran asing pertama yang dilisensikan untuk menyediakan layanan pembayaran online di Cina. Kami berharap dapat bermitra dengan lembaga-lembaga keuangan dan platform teknologi China, menyediakan serangkaian solusi pembayaran yang lebih komprehensif untuk bisnis dan konsumen, baik di Tiongkok maupun global.

Diperkirakan transaksi ini akan rampung pada kuartal keempat tahun 2019 dan tunduk pada aturan yang berlaku.




(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading