Ingkar Janji, Jeff Bezos Pangkas Tunjangan Kesehatan Karyawan

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
16 September 2019 10:44
Ingkar Janji, Jeff Bezos Pangkas Tunjangan Kesehatan Karyawan
Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Amazon Jeff Bezos membuat keputusan yang mengejutkan. Ia memutuskan untuk memangkas tunjangan kesehatan bagi ratusan karyawan paruh waktu di Whole Foods, anak usaha Amazon.

Keputusan ini dibuat setelah beberapa minggu sebelumnya Jeff Bezos menandatangani pernyataan komitmen untuk berinvestasi pada pekerjanya. Perjanjian ini merupakan komitmen dari CEO 180 perusahaan untuk "memberikan nilai tambahan kepada seluruh pemangku kepentingan".


Pada awal pernyataan tersebut disebut perusahaan berkomitmen untuk berinvestasi pada karyawan kita. Dimulai dengan memberi mereka kompensasi secara adil dan memberikan manfaat penting." Ini menunjukkan Amazon ingkar janji.


Seorang karyawan Whole Foods yang sudah bekerja 15 tahun, yang identitasnya tak mau disebutkan mengatakan, keputusan perusahaan itu sebuah keputusan yang meninggalkan karyawan mereka dan keluarganya yang selama ini bergantung dari manfaat-manfaat yang diberikan perusahaan.

Dalam keterangan resmi perusahaan, Amazon mengatakan kebijakan ini hanya memengaruhi 2% karyawan Whole Foods. Amazon menambahkan beberapa karyawan paruh waktu ini akan dijadikan karyawan tetap dan akan ada perubahan model penjadwalan yang lebih adil dan efisien.

Langkah ini dikritik komentator dengan menunjukkan Amazon bukan hanya salah satu perusahaan paling berharga di dunia, tetapi Jeff Bezos sendiri adalah orang terkaya di Bumi.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading