Apple iPhone Kini Menjadi Perusahaan Kamera

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
16 September 2019 06:51
Peluncuran iPhone 11 dan iPhone 11 Pro pekan lalu lebih banyak berbicara tentang kamera ketimbang software.
Jakarta, CNBC Indonesia - Peluncuran iPhone 11 dan iPhone 11 Pro pekan lalu lebih banyak berbicara tentang kamera ketimbang software. Apple menghabiskan banyak waktu dan upaya memasarkan iPhone baru sebagai mesin fotografi nan kuat.

Pada iPhone terbaru ini Apple memang melakukan banyak perubahan pada sisi kamera agar bisa menjadi pembeda dengan pesaingnya seperti Samsung dan Huawei yang tlah banyak melakukan revolusi pada kameranya, menurut analis industri ponsel, seperti dikutip dari CNBC International, Senin (16/9/2019).


Dari 100 menit durasi pengenalan produk baru Apple di Steve Jobs Theater, 13 menit di antaranya dihabiskan untuk membicarakan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max, lebih panjang ketimbang membicarakan produk lainnya.


"iPhone baru adalah kamera, kamera, kamera," ujar Jeriel Ong analis Deutsche Bank dalam catatannya mengenai peluncuran iPhone 11 Series.

Apple iPhone Kini Menjadi Perusahaan KameraFoto: Presentasi iPhone 11 dalam Acara Apple Event di California (10/09/19) (AP Photo/Tony Avelar)

"Kamera adalah apa yang paling diperhatikan dan sebagian besar konsumen mengharapkan inovasi terjadi," ujar analis Gartner Annette Zimmerman. "Kamera merupakan sedikit tolak ukur yang mudah bagi pengguna, karena mudah untuk diamati."

Pada iPhone 11 Pro Series, Apple memang menyematkan tiga kamera belakang yang dipadu dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan machine learning. Executive pemasaran Apple Phil Schiler secara terbuka menyebut kamera iPhone 11 menjadi favoritnya.


Pada dua iPhone 11 Pro kini tersedia tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 12 MP. Kamera utama diskong fitur OIS dan Dual Pixel AF dengan bukaan lensa f/1.8.

Kamera kedua yang berfungsi sebagai lensa telephoto berkemampuan 2x optical zoom dengan bukaan lensa f/2.0. Kamera ketiga sebagai ultra wide-angle yang mampu membidik objek dengan bidang hingga 120 derajat.

Apple iPhone Kini Menjadi Perusahaan KameraFoto: Presentasi iPhone 11 dalam Acara Apple Event di California (10/09/19) (REUTERS/Stephen Lam)

Ketiga kamera iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max dapat merekam video hingga kualitas 4K dengan frame rate 60 fps. Pada iPhone XS dan iPhone XS Max hanya terdapat dua kamera belakang saja tetapi resolusinya sama.

Peneliti Independen Apple Neil Cybart mengatakan dari sisi desain tidak ada perubahan siginifikan antara iPhone X dengan iPhone 11, kedua bahkan mirip. Pembedanya ada di kamera belakang.


"Ini cara yang aneh, jumlah kamera belakang pada iPhone menjadi simbol status sosial," jelas Neil Cybart.

Simak video peluncuran Apple iPhone 11 Series di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]




(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading