Menperin Ngaku Sudah Siap, Kok Aturan IMEI Belum Terbit?

Tech - Cantika Adinda, CNBC Indonesia
12 September 2019 18:35
Menperin Ngaku Sudah Siap, Kok Aturan IMEI Belum Terbit? Foto: Airlangga Hartarto/Kemenperin
Jakarta, CNBC Indonesia - Aturan validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk memberantas ponsel ilegal atau black market (BM) belum juga terbit. Padahal pemerintah sempat berjanji untuk menerbitkan aturan ini pada Agustus 2019.

Menteri Perindustrian Airlanggar Hartarto mengatakan sistem kementerian perindustrian sudah siap untuk menerapkan aturan IMEI. Kini tinggal luncurkan bersama saja.


"[Peluncuran] tunggu timing (waktu) yang cocok. [Peluncurannya] tahun ini," ujar Airlangga Hartarto ketika ditemui di DPR, Kamis (12/9/2019).


Aturan IMEI dibuat dan diterbitkan oleh tiga kementerian. Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.


Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mengatakan dari pihaknya, Kominfo, sebenarnya sudah siap. Kominfo bahkan sudah terima surat rekomendasi dari Menkopolhukam (Kemeneterian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamananan).

"Kita kan harus bareng sama Kemenperin (Kementeri Perindustrian) dan Kemendag (Kementerian Perdagangan). Kalau dari Kominfo peraturannya sudah siap, Menkopolhukam sudah beri green light (lampu hijau)," ujarnya ketika ditemui di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Menperin Ngaku Sudah Siap, Kok Aturan IMEI Belum Terbit?Foto: Infografis/Jangan Sampe Menyesal Cek HP kamu https://imei.kemeperin.go.id/Arie Pratama

Rudiantara menambahkan aturan IMEI harus diterbitkan secara bersama-sama oleh ketiga kementerian.

"Belum tahu saya [kapan terbitnya]. Tanya Pak Ismail (Dirjen SDPPI Kominfo) yang tahu teknisnya," terangnya.


Untuk diketahui, regulasi IMEI ditujukan salah satunya untuk memberantas peredaran ponsel black market yang beredar saat ini. 

Jika diberlakukan, aturan IMEI akan jadi dasar hukum operator telekomunikasi untuk melakukan pembatasan layanan telekomunikasi terhadap ponsel black market dengan nomor IMEI tidak terdaftar di Kemenperin.


IMEI adalah identitas internasional yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Association (GSMA) yang terdiri dari 15 (lima belas) digit nomor desimal unik yang diperlukan untuk mengidentifikasi Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang tersambung ke jaringan telekomunikasi bergerak seluler.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading