Pensiun Dari Alibaba, Berapa Kekayaan Jack Ma?

Tech - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
12 September 2019 07:48
Pensiun Dari Alibaba, Berapa Kekayaan Jack Ma?
Jakarta, CNBC Indonesia - Siapa yang tak kenal Jack Ma? CEO dan pendiri perusahaan e-commerse Alibaba Group asal China ini selalu menjadi perbincangan hangat.

Kemunculan Jack Ma bisa dikatakan fenomenal, sebab ia menjadi sosok yang inspiratif, dari seorang guru miskin kemudian naik peringkat menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Menurut catatan Majalah Forbes, Jack Ma memiliki harta kekayaan senilai US $ 38,4 miliar atau sekitar Rp 540 triliun berkat kesuksesan Alibaba, Jack Ma tercatat berada di urutan 21 daftar orang terkaya di dunia, dan menjadi orang terkaya ke-3 di China.



Harta Jack Ma memang diprediksi akan meroket saat Alibaba melepas saham perdananya di AS. Benar saja, IPO yang digelar Alibaba di bursa saham New York pada 2014 mencetak angka fantastis, dan mencetak rekor sebagai penawaran saham publik terbesar di dunia, berhasil menarik dana sebesar US $ 25 miliar atau sekitar Rp 351 triliun.


Kala itu, Beberapa miliarder lain mengatakan, itu baru permulaan, harga saham Alibaba masih akan terus melesat dan mengucurkan pundi-pundi uang lebih banyak ke kantong Jack Ma. Investasi Jack Ma di luar Alibaba yaitu termasuk saham di perusahaan industri hiburan China Huayi Brothers dan Beijing Enlight Media.

Pendiri pasar online Alibaba, Jack Ma, resmi pensiun pada usia 55 tahun, Selasa (10/9/2019), pensiunnya Jack Ma bertepatan dengan 20 tahun Alibaba. Saat ini posisi CEO Alibaba digantikan oleh Daniel Zhang. Ia akan menduduki posisi chairman. Jack Ma akan berada dalam jajaran petinggi Alibaba hingga rapat umum pemegang saham tahunan di 2020.

Saksikan Video Jack Ma Pamit Pensiun dari Alibaba

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading