Internasional

Pengamat: Soal Teknologi, China Bakal Menangkan Perang Dagang

Tech - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
11 September 2019 07:40
Pengamat: Soal Teknologi, China Bakal Menangkan Perang Dagang
Jakarta, CNBC Indonesia - China akan memenangkan perang dagang dengan Amerika Serikat. Bahkan negara ini dipercaya akan melepas ketergantungannya pada teknologi Amerika.

Hal ini diungkapkan analis strategi AS David Roche. "China tidak akan percaya lagi pada AS dan mereka akan merdeka secara teknologi dalam 7 tahun mendatang," katanya sebagaimana dilansir CNBC International, Rabu (11/9/2019).

China sangat tergantung dengan penyuplai asal AS untuk komponen teknologi seperti chip dan perangkat lunak. Tapi perkembangan ketegangan kedua negara beberapa bulan ini memangkas ketergantungan China dan mempengaruhi bisnis kedua negara.



Mei lalu, perusahaan teknologi besar china Huawei dimasukkan dalam daftar hitam oleh pemerintah AS. Ini akhirnya membatasi perusahaan tersebut membeli chip dan perangkat lunak sampai mereka mendapatkan izin khusus.

Beberapa jaringan telepon seluler AS juga menggunakan Huawei. Sedangkan beberapa perusahaan AS lain menegaskan pendapatan mereka bakal terkena imbas ketentuan ini.

Google juga menghentikan semua bisnis yang terkait dengan Huawei. Ini mengindikasikan ke depan masa depan telepon Huawei, tidak akan menggunakan sistem Google Android.

Dalam kesempatan tersebut, Roche juga mengaku belum melihat tanda berakhirnya perang dagang. Meski China dan AS akan bertemu Oktober nanti.

Ini karena perang dagang AS dan China tidak berdagang sendiri. "Ini adalah konflik antara kekuatan global baru dan kekuatan global yang lama.. Ini bukan hanya perdagangan. Ini tentang teknologi, ini tentang pergerakan ide," ujarnya.

"Jadi ini adalah konflik yang sangat lebar dan ini tidak akan hilang,".




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading