Sederet Fakta Soal PPN Iklan Google Ads Bertarif 10%

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
02 September 2019 13:10
Mulai tanggal 1 Oktober 2019, Google akan menarik pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 10% dari perusahaan yang mengiklan di Google Ads.
Jakarta, CNBC Indonesia - Mulai 1 Oktober 2019, Google akan menarik pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 10% dari perusahaan yang mengiklan di Google Ads. Kebijakan ini untuk memenuhi aturan pajak yang berlaku di Indonesia.

Berikut deretan fakta mengenai penarikan PPN 10% yang dilakukan Google, seperti dikutip CNBC Indonesia dari keterangan resmi perusahaan.




1. Pemindahan hak

Mulai 1 Oktober 2019, Google Asia Pacific Pte. Ltd. memindahkan hak atas kontrak Anda yang terkait dengan akun Google Ads Anda di Indonesia, termasuk setiap perubahan dan perjanjian terkait (seperti Perjanjian Layanan), kepada PT Google Indonesia (PTGI), sebagai reseller.

Ini berarti bahwa terhitung sejak tanggal tersebut, PTGI akan terikat dengan persyaratan kontrak dan akan menagih invoice kepada Anda atas layanan tersebut. Segera setelah tanggal pemindahan hak, Anda akan mulai menerima invoice (termasuk Faktur Pajak) dari PTGI.

Sederet Fakta Soal PPN Iklan Google 10%Foto: REUTERS/Dado Ruvic

Jika Anda melakukan pembayaran melalui invoice bulanan, segera setelah tanggal pemindahan hak, Anda akan mulai menerima invoice dari PTGI (dan bukan Google Asia Pacific Pte. Ltd.) yang berisi detail pembayaran/informasi pengiriman uang yang baru.

Setelah menerima invoice tersebut, pastikan Anda mengirim pembayaran untuk invoice PTGI menggunakan informasi pembayaran yang baru. Jika tidak, akan ada keterlambatan dalam penutupan invoice terutang Anda.


2. PPN

PT Google Indonesia diwajibkan oleh hukum untuk mengenakan biaya PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 10% atas layanannya, sehingga Anda akan melihat biaya ini muncul sebagai item baris baru di invoice Anda mulai tanggal 1 Oktober 2019.

Pastikan bahwa NPWP, nama, dan alamat Anda yang tersimpan di akun Google cocok dengan detail pendaftaran pajak Anda. Kami tidak dapat melakukan perubahan pada invoice secara retroaktif.



3. Layanan American Express dan PayPal dihentikan

Google akan menghentikan dukungan pembayaran melalui American Express dan PayPal untuk pembayaran Google Ads pada 1 Oktober 2019. Para penguna Google Ads diharapkan untuk memperbaharui layanan pembayaran sebelum 1 Oktober 2019.

Simak video tentang pajak Google Cs di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]




(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading