Luhut Sebut SoftBank Bakal Suntik Startup Aruna

Tech - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
13 August 2019 13:26
Luhut Sebut SoftBank Bakal Suntik Startup Aruna Foto: Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (CNBC Indonesia/ Efrem Limsan Siregar)
Jakarta, CNBC Indonesia - Startup tanah air yang akan mendapat suntikan dana dari SoftBank akan bertambah. Terbaru adalah Aruna, startup kelautan dan perikanan. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di kantornya, Selasa (13/8/2019).

"Mereka (SoftBank) juga mau masuk ke Aruna. Kan perjanjiannya gitu di startup baru," ujar Luhut Binsar Pandjaitan.


Akhir Juli lalu, CEO SoftBank Masayoshi Son menyambangi Istana Negara untuk bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo dan menyatakan komitmen investasi SoftBank untuk Indonesia.


Mayayoshi Son mengatakan SoftBank ingin kembali berinvestasi US$2 miliar atau setara Rp 28 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000). Namun Presiden Jokowi ingin Investor asal Jepang tersebut menambahkan US$ 1 miliar lagi. Sehingga total dana yang bakal dikucurkan SoftBank mencapai Rp 42 triliun.

Luhut Sebut SoftBank Bakal Suntik Startup ArunaFoto: Masayoshi Son, CEO SOftBank (CNBC Indonesia TV)

"Teman saya Menteri Luhut [Menko Maritim] meminta kami menaikkan investasi. Jadi saya ingin investasi lebih. Kami ingin investasi di Grab dan berinvestasi di perusahaan lainnya," ujar Masayoshi di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/7/2019).

Masayoshi menambahkan suntikan dana baru dari SoftBank akan digunakan Grab untuk menciptakan kantor pusat kedua di Indonesia dan membuat Grab Indonesia sebagai startup unicorn kelima. 


Asal tahu saja Aruna adalah startup yang memanfaatkan teknologi digital untuk membantu nelayan di Indonesia dalam meningkatkan mata pencaharian mereka melalui akses pasar yang lebih baik dan peluang penjualan yang lebih adil.

Baru-baru ini startup Aruna memenangkan kompetisi Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge. Startup ini didirikan oleh Farid Naufal Aslam.

Simak video tentang SoftBank akan suntik startup Indonesia di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading