Oppo Salip Apple, Samsung & Huawei Masih Jawara Pasar Ponsel

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
12 August 2019 10:50
Oppo Salip Apple, Samsung & Huawei Masih Jawara Pasar Ponsel
Jakarta, CNBC IndonesiaApple Inc harus rela tergeser dari posisi tiga besar produsen smartphone dunia pada kuartal II-2019 karena penurunan penjualan. Posisi Apple kini diduduki oleh Oppo, produsen smartphone China.

Mengutip data IHS Markit, pada kuartal II-2019, Apple melakukan pengiriman 35,11 juta iPhone atau setara dengan 11% pangsa pasar ponsel pintar. Adapun Oppo mengirimkan 36,2 juta ponsel.



Samsung dan Huawei masih tak tergoyahkan di posisi pertama dan kedua. Meski mengalami masalah baru-baru ini di AS, masing-masing produsen smartphone ini mengirim 75,1 juta dan 58,7 juta ponsel dan menguasai pangsa pasar sebesar 23% dan 18%, seperti dikutip dari Business Insider, Senin (12/8/2019).


Analis IHS Markit mengatakan penjualan iPhone turun karena pengguna memilih menggunakan ponsel model lama ketimbang beli ponsel baru yang dengan harga yang lebih lama.

Oppo Salip Apple, Samsung & Huawei Masih Jawara Pasar PonselFoto: Pengapalan ponsel di kuartal II-2019 (IHS Markit)


Selain itu, berkurangnya pangsa pasar Apple di pasar smartphone global karena perusahaan menolak untuk membuat iPhone dengan harga murah yang seharusnya menjadi senjata iPhone menyasar negara berkembang.

Direktur IHS Markit Jusy Hong menambahkan Huawei berhasil mempertahankan dominasinya di pasar ponsel karena mereka menggejot penjualan di China meski diblokir di AS.


"Sejauh ini Huawei berhasil mengatasi badai. Huawei berhasil menggantikan pengurangan pengiriman ke luar negeri dengan meningkatkan penjualan di China," ujarnya.

Jusy Hong mengungkapkan dampak penuh dari pemblokiran AS akan dihadapi bisnis internasional Huawei pada kuartal mendatang.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading