Disanksi Trump, Huawei Jadi Raja HP Dunia Kalahkan Samsung

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
30 July 2020 11:24
In this Nov. 20, 2019, photo, people stand outside of a Huawei store at a shopping mall in Beijing. The founder of Huawei says the Chinese tech giant is moving its U.S. research center to Canada due to American restrictions on its activities. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ambisi Huawei rajai pasar smartphone dunia akhirnya terwujud. Kini Huawei berada diperingkat pertama dalam hal pengiriman ponsel di dunia mengalahkan Samsung.

Ini merupakan riset dari Canalys. Pada kuartal kedua 2020, Huawei melakukan pengiriman smartphone sebanyak 55,8 juta perangkat atau turun 5% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara Samsung mengirimkan 53,7 juta perangkat atau anjlok 30%.

Keberhasilan Huawei ini tak lepas dari pandemi virus corona Covid-19 dan China. Iya, pada kuartal II lalu pasar utama Huawei adalah China, mereka menjual 70% perangkatnya di Tiongkok. Kebetulan negeri ini yang pertama berhasil bangkit dari corona.


Namun kondisi tampaknya tak akan berlangsung lama. Sanksi dari Amerika Serikat (AS) telah membuat pasar internasional Huawei mengkerut. Maklum ponsel Huawei tidak mendapat lisensi resmi Android sehingga tak bisa menggunakan Gmail, YouTube hingga Google Maps.

Tidak menggunakan layanan dari Google di ponsel tidak masalah bagi penduduk China karena layanan ini memang tak diizinkan. Di luar China, layanan Google merupakan sebuah kebutuhan pengguna.

"Akan sulit bagi Huawei untuk mempertahankan keunggulannya dalam jangka panjang," kata Mo Jia, analis di Canalys seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (30/7/2020). "Mitra utamanya di wilayah utama, seperti Eropa, semakin waspada terhadap perangkat Huawei, menjual model yang lebih sedikit."

"Kekuatan di China saja tidak akan cukup untuk menopang Huawei di puncak begitu ekonomi global mulai pulih," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading