Ambil Uang Bisa Pakai QR Code, Kartu ATM Bank Segera Punah?

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
02 August 2019 11:14
Ambil Uang Bisa Pakai QR Code, Kartu ATM Bank Segera Punah?
Jakarta, CNBC Indonesia- Kartu automatic teller machine (ATM) mungkin akan segera punah di Singapura. Hal ini mungkin terjadi karena saat ini di Singapura orang-orang sudah bisa mengambil uang menggunakan QR Code, khususnya, nasabah Bank OCBC Singapura yang bisa melakukannya.

Pada Rabu (31/7/19), bank tersebut mengatakan bahwa mereka telah menjadi bank pertama di negara itu yang menyediakan layanan penarikan uang di ATM dengan hanya memindai (scan) QR Code di aplikasi Pay Anyone milik pengguna.

Selanjutnya, transaksi akan diverifikasi melalui sidik jari, scan wajah atau dengan memasukkan detail login mobile banking pengguna.



Mengutip Business Insider, dalam sebuah pernyataan OCBC mengungkapkan bahwa sistem ini membuat waktu transaksi menjadi lebih singkat, yang biasanya selama 80 detik menjadi hanya 45 detik saja.

Namun, layanan ini belum tersedia di semua cabang ATM Bank OCBC di negara itu. Beberapa ATM yang tidak bisa menggunakan fitur ini adalah 22 ATM baru yang bisa menerima uang koin dan setoran tunai.

Sistem penarikan uang menggunakan QR Code ini juga disebut lebih aman ketimbang sistem penarikan biasa, sebab QR Code menggunakan otentikasi biometric, sebuah fitur keamanan yang lebih kuat daripada nomor PIN yang dapat dilihat orang atau dicuri.

Selain itu, ATM biasa dapat digunakan orang lain juga, sementara aplikasi QR Code ini dapat diblokir ketika perangkat seluler pengguna hilang atau dicuri.

Aditya Gupta, kepala bisnis digital OCBC Bank di Singapura dan Malaysia, mengatakan fitur baru yang dirancang oleh tim in-house dalam waktu kurang dari lima bulan ini, dapat menjadi contoh arah baru sistem pembayaran menggunakan QR Code sebagai cara pembayaran utama di Singapura.


"Seiring kami mempercepat upaya kami untuk mendapatkan uang tunai, kami juga menyadari bahwa ATM masih merupakan titik kontak yang penting dan sering digunakan oleh para pelanggan kami. Semakin banyak pelanggan yang mulai terbiasa dan memindai QR Code untuk membayar, dan kami ingin memberi mereka kemudahan, kecepatan, dan keamanan yang sama ketika mereka mendapatkan uang tunai di ATM kami," katanya.

Untuk melakukan penarikan tunai dengan QR Code, pelanggan harus memilih opsi untuk "Menarik uang tunai dengan OCBC Pay Anyone" di layar beranda ATM. Dengan aplikasi ini, pengguna kemudian perlu memindai QR Code yang muncul di tengah layar. Menu jumlah penarikan tunai akan muncul di aplikasi. Pelanggan dengan banyak akun dapat memilih rekening bank mana yang akan diambil uangnya.



(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading