Hal Ini yang Buat Singapura Klaim Gojek Cs Sebagai Unicornnya

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
30 July 2019 15:27
Hal Ini yang Buat Singapura Klaim Gojek Cs Sebagai Unicornnya
Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) Thomas Trikasih Lembong mengungkap fakta baru terkait startup unicorn Indonesia. Singapura mengklaim memiliki empat unicorn Indonesia.

Thomas Lembong mangatakan dalam laporan Google dan Temasek ada tabel yang menyatakan startup unicorn Indonesia nol sementara Singapura ada empat unicorn. Penyebabnya, suntikan dana yang masuk keempat unicorn ini masuk lewat Singapura.


"Sering kali masuknya dana itu bukan dalam [bentuk] investasi tetapi induk unicorn di Singapura langsung ke vendor Indonesia," ujar Thomas Lembong dalam konferensi pers di kantor BKPM, Jakarta, Selasa (30/7/2019).


Selain itu, lanjut Thomas Lembong, ada statement yang cukup membingungkan soal pendanaan yang didapatkan Grab dan Gojek tidak dimasukkan ke dalam arus modal dalam bentuk investasi tetapi masuk ke Singapura.

Singapura Klaim Gojek Cs Sebagai Unicorn-nya, Ini SkemanyaFoto: infografis/infografis Mengenal Istilah dan 4 startup unicorn RI/Aristya RAhadian Krisabella

"Singapura bayar ke Indonesia [dalam bentuk] sewa kantor, iklan, sewa motor mitra. Itu arus modal masuk pembayaran langsung dari induk unicorn ke vendor Indonesia. jadi enggak bentuk PMA (Penanaman Modal Asing) ke Indonesia. Ternyata strukturnya seperti itu," ungkap Thomas Lembong.

Asal tahu saja, Indonesia memiliki empat startup unicorn. Yakni, Gojek (ride-hailing), Bukalapak dan Tokopedia (e-commerce) dan Traveloka (online travel agent). Keempat startup unicorn ini berkantor pusat di Indonesia. Gojek, Bukalapak dan Traveloka sudah ekspansi ke Singapura.

Unicorn merupakan julukan bagi startup yang memiliki valuasi US$1 miliar atau setara Rp 14 triliun. Kemudian ada julukan startup decacorn yang memiliki valuasi di atas US$10 miliar.

Simak video tentang startup unicorn di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]



(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading