Yordania Larang Game PUBG, RI Segera Menyusul?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
09 July 2019 19:10
Yordania Larang Game PUBG, RI Segera Menyusul?
Jakarta, CNBC Indonesia - Jumlah negara yang memblokir game PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG). Terbaru, Yordania memutuskan untuk memblokir game baku tembak ini.

"Permainan ini memiliki efek negatif pada penggunanya, yang menyebabkan diblokirnya [PUBG] secara resmi," seorang sumber di Otoritas Telekomunikasi Yordania seperti dikutip dari Reppler, Selasa (9/7/2019).


PUBG sangat populer di Yordania dan lembaga-lembaga di kerajaan telah mengeluarkan peringatan kepada karyawan untuk tidak memainkannya.


Psikolog di negara itu telah berulang kali memperingatkan PUBG bisa memicu kekerasan dan perundungan (bullying) di kalangan pemuda

Langkah ini mengikuti larangan serupa di Irak, Nepal, negara bagian Gujarat di India, dan Provinsi Aceh di Indonesia.

Yordania Larang Game PUBG, RI Segera Menyusul?Foto: Infografis/PUBG Rugikan Negara/Edward Ricardo

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) tengah mempertimbangkan fatwa haram skala nasional untuk PUBG dan game online dengan aliran baku tembak lainnya.

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Cholil Nafiz mengatakan pihaknya mendengarkan seluruh stakeholder terkait untuk memberlakukan fatwa haram game baku tembak.

"Semua pendapat yang berbicara tentang game baku tembak, kami akan jadikan pertimbangan. Baik lokal, nasional maupun internasional. Yang di Aceh juga dijadikan pertimbangan," kata Cholil seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat (21/6/2019).

Cholil mengatakan pihaknya akan mempertimbangkan dalil yang digunakan oleh MPU untuk mengharamkan gim PUBG dan gim sejenis.

"Di kami berlaku secara nasional nantinya. Mungkin itu kajian ulama di sana dan ini jadi pertimbangan kami nanti. Kami akan lihat apakah mereka mengerti masalah dan dalil yang digunakan," pungkasnya.

Simak video tentang PUBG di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading