Bill Gates Sebut Pendiri Apple Steve Job Penyihir, Kenapa?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
08 July 2019 11:06
Bill Gates Sebut Pendiri Apple Steve Job Penyihir, Kenapa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Microsoft, Bill Gates menyebut Steve Jobs sebagai seorang penyihir ketika memimpin Apple. Pasalnya, dia bisa terus menjaga motivasi karyawan untuk bekerja selama berjam-jam.

"Saya seperti penyihir kecil. Saya melihat dia menggunakan 'mantra' dan saya melihat orang-orang terpesona, tetapi karena saya penyihir kecil, mantra tidak bekerja pada saya," ujar Bill Gates dalam wawancara dengan CNN International dan dikutip CNBC International, Senin (8/7/2019).

Bill Gates Sebut Pendiri Apple Steve Job Penyihir, Kenapa?Foto: Steve Jobs (REUTERS/Robert Galbraith)

Steve Jobs merupakan pendiri dan mantan CEO Apple Inc. Ia meninggal karena kanker pankreas pada 2011. Dia berhasil memimpin Apple dari perusahaan yang berada diambang kebangkrutan menjadi perusahaan paling bernilai di dunia dengan produk komputer dan ponsel iPhone.


"Saya belum pernah bertemu orang yang memiliki bakat memotivasi orang. Dia membawa beberapa hal yang sangat positif," puji Bill Gates.


Setelah meninggal, Apple dipimpin oleh Tim Cook. Baru-baru ini Jony Ive, kepala desain Apple mengundurkan diri dari perusahaan. Salah satu karyanya yang ikonik adalah Mac, iPhone dan iPod. Jony Ive disebut sebagai orang penting lainnya di balik kebangkitan Apple dan salah satu orang dekat Steve Jobs.

Ditanya soal gaya kepemimpinan, Bill Gates yang memiliki gaya kepemimpinan yang keras kepada karyawannya, mengatakan "Selain deposisi Departemen kehakiman AS yang saya berikan, tidak ada yang pernah mengatakan saya kasar atau tukang perintah atau semaunya,"

Simak video tentang Bill Gates di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading