Aturan TV Digital & Laptop Bakal Terbit, Apa yang Diatur?

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
08 July 2019 07:56
Aturan TV Digital & Laptop Bakal Terbit, Apa yang Diatur?
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sedang menyusun regulasi yang mengatur ketentuan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) untuk laptop, setelah sebelumnya menerbitkan regulasi TKDN untuk TV digital.

Pada akhir bulan lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara telah menerbitkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2019 tentang Persyaratan Teknis Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi untuk Keperluan Penyelenggaraan Televisi Siaran dan Radio Siaran.

Dalam beleid ini, alat/perangkat penerima televisi siaran digital berbasis Digital Video Broadcasting - Second Generation Terrestrial (DVB-T2) serta perangkat lainnya seperti internet protocol set top box wajib memiliki TKDN/ komponen lokal minimal 20 persen.


Regulasi ini rencananya akan berlaku pada 28 Juni 2020 atau setahun setelah diundangkan.

"TKDN TV digital telah ditandatangani Menteri Kominfo. Insya Allah investasi di bidang elektronika semakin marak. Kementerian Perindustrian akan segera buat juknis [petunjuk teknis]-nya," kata Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin Janu Suryanto kepada CNBC Indonesia, Senin (8/7/2019).
Foto: Ist Kemenkominfo

Sementara itu, aturan TKDN laptop rencananya akan dirilis Kemenkominfo dan Kemenperin dalam waktu dekat di semester-II tahun ini.

"Sudah ada perusahaan besar seperti Asus dan HP [Hewlett-Packard] yang mau produksi, paling tidak perakitan [assembling] laptop di Indonesia," ungkap Janu.

Rencananya, TKDN atau komponen lokal untuk laptop akan dipatok sebesar 20 persen sebagai awalan dan fokus pada pemenuhan TKDN di perangkat keras (hardware).

Sebagai informasi, pemerintah juga sedang mengembangkan sistem pengidentifikasi produk ponsel yang dinamakan Device Identification, Registration, and Blocking System (DIRBS).

Alat ini nantinya akan mendeteksi produk ponsel melalui verifikasi International Mobile Equipment Identity (IMEI). Adapun aturan verifikasi dan kontrol IMEI ini rencananya akan terbit pada 17 Agustus 2019.

[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading