Krisis Chip Dunia, Produk Laptop RI Kena Imbas Parah!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
22 July 2021 17:10
An Acer Aspire laptop, left, and a Lenovo IdeaPad U310 Touch are seen at a demo table at a Microsoft event in San Francisco, Wednesday, June 26, 2013. (AP Photo/Jeff Chiu)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dampak pandemi berimbas pada kelangkaan chip produk elektronik salah satunya produk elektronik seperti laptop. Selama ini Indonesia banyak bergantung dengan komponen impor termasuk chip.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta beberapa perusahaan produsen produk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melakukan kegiatan Research and Development (R&D) di dalam negeri. Kegiatan R&D ini khususnya produk chip yang saat ini banyak dicari.

"Agar mereka mendapatkan tax deduction 300%, dan tentu sebagai mana kita ketahui kita arahkan memproduksi chip set yang saat ini telah terjadi kelangkaan di seluruh dunia dan ini berdampak pada produsen laptop dalam negeri yang masih mengandalkan komponen impor," katanya dalam konferensi pers, Kamis (22/7).


Sehingga untuk pemenuhan dalam negeri untuk industri laptop terganggu. Makanya pemerintah akan memfasilitasi investasi komponen yang terkait TIK dalam negeri. Selain itu akan ada inisiasi Engineering Center untuk laptop.

"Ini untuk ekosistem pembuatan mulai dari intellectual property (IP), komponen utama, komponen pendukung," jelasnya.

"Apabila perakitan bisa titik 1 - 2 juta laptop dalam negeri maka akan mendorong ODM (Original design manufacturer) laptop semakin tertarik memperkuat ekosistem laptop dari Indonesia. saat ini laptop yang dapat dirakit dalam negeri mencapai 400 ribu unit," jelasnya.

Agus menjelaskan akan memperluas pasar laptop dalam negeri agar diserap, baik dari kebutuhan pendidikan hingga administrasi lembaga. Engineering Center ini juga akan menjadi sarana untuk mengembangkan produk semi conductor dalam negeri.

"Ini produk strategis masa depan terutama di industri 4.0 ini," katanya.

Untuk peningkatan produksi dalam negeri Kemenperin juga akan mengeluarkan Peraturan Menteri untuk perhitungan TKDN untuk produk laptop. Saat ini masih dalam tahap finalisasi.

Sampai saat ini produk TIK dalam negeri yang punya TKDN di atas 40%, antara lain notebook, router, desktop pc, dan computer tablet.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading