Ini Cara Cek IMEI Ponsel Samsung

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
02 July 2019 12:26
Ini Cara Cek IMEI Ponsel Samsung
Jakarta, CNBC IndonesiaPemerintah akan melakukan pemblokiran terhadap ponsel ilegal yang beredar. Saat ini Pemerintah sedang kembangkan sistem pengindentifikasian produk ponsel ilegal yang diberi nama DIRBS.

Sistem ini digunakan untuk mengecek legalitas ponsel anda melalui verifikasi nomor identitas asli ponsel (International Mobile Equipment Identity/ IMEI). Kode IMEI adalah susunan angka terdiri dari 14 sampai 16 digit. Ponsel terbaru biasanya berjumlah 16 digit.

Mengutip situs resmi Samsung, fungsi utama dibuatnya kode IMEI adalah identifikasi ponsel. Tak hanya itu saja, kode IMEI juga bisa difungsikan untuk pemblokiran jaringan ketika ada yang menyalahgunakan ponsel, persis seperti konsep nomor rekening tabungan di bank.


Jadi, apabila ponselmu hilang atau dicuri, kamu bisa segera melaporkan kode IMEI tersebut ke provider untuk dilakukan pemblokiran agar sang pencuri tak bisa menggunakan ponsel. Selain itu, kamu juga bisa menyerahkan kode IMEI ke kepolisian untuk identifikasi dan menindaklanjuti kasus pencurian berdasarkan pelacakan terhadap kode IMEI.

Berikut dua cara mengecek IMEI Samsung:

1. Melalui Keypad
  • Pada keypad, tekan kode *#06#.

  • kemudian, tekan tombol call.

  • kode IMEI akan segera tampil di layar.

2. Melalui Setting

  • Pada menu aplikasi, klik Settings.

  • Cari About Phone.

  • Cari kode IMEI.


Setelah mengetahui kode IMEI Samsung, kunjungi website IMEI.info. Pada situs ini tersedia informasi yang lebih rinci mengenai ponsel mulai dari kode IMEI, model, hingga tahun dirilis.

Simak video tentang rencana pelarangan ponsel black market di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading