Tak Cuma iPhone, Ini Dia 3 Inovasi Terbaik dari Apple

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
26 June 2019 15:07
Selama beberapa tahun terakhir, perusahaan yang sudah memiliki valuasi US$1 triliun per Mei 2019 ini telah merilis beberapa inovasi luar biasa.
Jakarta, CNBC Indonesia - Apple Inc., perusahaan teknologi yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS), telah didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak sejak tahun 1970. Pada awal 20 tahun berdiri, perusahaan ini lebih dikenal dengan nama "perusahaan Macintosh" karena memproduksi personal komputer dengan nama tersebut.

Kemudian, sekitar tahun 2000-an, Apple dengan cepat dikenal sebagai "perusahaan iPod" berkat kepopuleran iTunes dan alat pemutar musik portable bernama iPod.


Lalu sejak sekitar 10 tahun lalu, Apple meluncurkan smartphone pertamanya ke dunia, yang diberi nama iPhone, dan sejak saat itu Apple dikenal sebagai "perusahaan iPhone".


Tetapi selama beberapa tahun terakhir, perusahaan yang sudah memiliki valuasi US$1 triliun (Rp 14.256 triliun) per Mei 2019 ini telah merilis beberapa inovasi luar biasa.

Mengutip Business Insider, Rabu (26/6/2019), berikut adalah tiga penemuan terbaik Apple setelah iPhone.

1. Apple Watch
Apple Watch adalah penemuan langka yang benar-benar memiliki banyak kegunaan.

Satu-satunya perangkat Apple yang dapat dipakai ini dapat digunakan untuk melakukan telepon/panggilan, menjadi alarm pengingat, menjawab panggilan dan pesan teks, serta beberapa hal unik lainnya.

Tak Cuma iPhone, Ini Dia 3 Inovasi Terbaik dari AppleFoto: Apple Watch Series 4 (dok. apple)

Salah satu kegunaan uniknya adalah bisa membantu mempelajari kebiasaan kesehatan penggunanya, serta membantu pengguna untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Benda ini juga bisa mengetahui perbedaan mana gerak biasa dengan gerakan olah raga.

Selain itu, Apple Watch bisa diatur untuk memberi arahan kapan pengguna harus melakukan latihan pernapasan karena alat ini mampu mendeteksi tingkat stres dan detak jantung.

Selanjutnya, Apple Watch yang baru dibuat sekitar empat tahun lalu itu bisa dijadikan sebagai remote control untuk musik atau tv, juga melakukan pembayaran digital.



2. Apple Pay
Apple Pay dirancang untuk membuat transaksi pembayaran barang menjadi lebih mudah, cepat, dan aman.

Alasan perusahaan membuat Apple Pay adalah karena kartu kredit plastik dianggap sudah ketinggalan zaman dan tidak aman karena dapat dicuri, dan nomor-nomor penting serta kode keamanannya terekspos.

Namun, Apple Pay jelas menawarkan cara yang lebih elegan dan aman untuk membayar barang. Perangkat ini terhubung ke iPhone dan Apple Watch pengguna, dan di dalamnya terdapat data kartu kredit, debit, maupun kupon apa saja.

Tak Cuma iPhone, Ini Dia 3 Inovasi Terbaik dari AppleFoto: Apple Card (Reuters/Stephen Lam)

Pengguna cukup menempelkan gadgetnya ke panel NFC pedagang untuk menyelesaikan pembelian. Semua informasi pengenal kartu pengguna akan dirahasiakan dan aman dari pedagang, dan bahkan dari Apple sendiri.

Saat ini Apple Pay sudah dikembangkan ke lebih banyak negara dan bisa digunakan di lebih banyak sistem angkutan umum di AS. Selain itu, Apple Pay akan segera dilengkapi dengan Apple Card, kartu kredit Apple pertama, yang akan semakin mempermudah transaksi pengguna.



3. AirPods
Apple mulai meluncurkan earbud nirkabel AirPods sejak hampir tiga tahun yang lalu. Produk ini merupakan terobosan yang belum pernah dibuat perusahaan manapun.

Penggunaan benda ini terbilang sangat sederhana, tidak perlu menyambungkan ke Bluetooth seperti earphone nirkabel umumnya. Perangkat ini akan otomatis terhubung ke ponsel pintar pengguna.

Tak Cuma iPhone, Ini Dia 3 Inovasi Terbaik dari AppleFoto: Apple Airpods 2 (Foto: Apple)

Lebih uniknya lagi, saat salah satu earbuds ini dilepaskan dari telinga, maka musik yang sedang didengarkan akan otomatis terhenti, dan akan kembali dilanjutkan saat benda itu dipasang kembali ke telinga.

Kotak penyimpanannya juga memiliki desain yang menawan, berwarna putih dan kecil.

Saat ini Apple sedang mengembangkan lebih banyak inovasi. Beberapa di antaranya adalah kacamata pintar, seperti yang banyak dikabarkan, serta mobil tanpa awak atau self-driving car.

Saksikan video mengenai bisnis Apple berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading