Powell: Facebook Temui The Fed Bahas 'Uang' Libra

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
21 June 2019 16:03
Libra adalah mata uang digital yang dibuat Facebook.
Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Federal Reserve Jerome Powell pada hari Rabu (19/6/2019) mengatakan Facebook telah berbicara kepada bank sentral Amerika Serikat (AS) itu mengenai mata uang digital (cryptocurrency) Libra yang diciptakannya bersama beberapa perusahaan lain.

"Saya percaya, Facebook telah membuat interaksi yang cukup luas di seluruh dunia dengan regulator, pengawas, dan banyak orang untuk membahas rencana mereka dan itu pasti termasuk kami," kata Powell, mengutip CNBC International.

Libra adalah mata uang digital yang dibuat Facebook. Uang itu ditujukan untuk mengubah cara pergerakan mata uang di seluruh dunia.


Pada hari Senin, Facebook mengumumkan bekerja sama dengan banyak perusahaan pembayaran dan teknologi untuk menciptakan Libra, yang akan diluncurkan pada paruh pertama tahun depan.


Beberapa perusahaan yang terlibat termasuk Visa, MasterCard, PayPal, eBay, Lyft, dan Uber.

Powell juga mengatakan The Fed bertemu "dengan berbagai perusahaan dari sektor keuangan untuk membahas mengenai teknologi keuangan."

"Hanya saja ada sangat banyak inovasi yang terjadi di sana," kata Powell.

Powell: Facebook Temui The Fed Bahas 'Uang' LibraFoto: Ilustrasi Facebook Kriptokurensi (Reuters/Dado Ruvic)

Meskipun Libra diciptakan untuk menyelesaikan beberapa masalah yang ada pada cryptocurrency, Powell juga mengidentifikasi bahwa grup Facebook juga kemungkinan harus mengatasi masalah lain sebelum Libra digunakan di seluruh dunia.

"Ada manfaat potensial di sini; ada juga risiko potensial, terutama mata uang yang berpotensi memiliki aplikasi besar," kata Powell. "Kami akan berakhir dengan harapan yang cukup tinggi dari sudut pandang keselamatan dan kesehatan dan peraturan jika mereka memutuskan untuk bergerak maju dengan sesuatu."


Powell mencatat bahwa The Fed tidak memiliki "otoritas pleno" atas cryptocurrency seperti Libra. Sebaliknya, Powell mengatakan bank sentral malah mungkin memiliki pengaruh terhadap penggunaan cryptocurrency itu secara luas "melalui forum internasional" karena The Fed memiliki "input signifikan ke dalam sistem pembayaran".

Saksikan video mengenai Libra berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading