Mampukah 'Uang' Facebook Libra Revolusi Pembayaran Global?

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
19 June 2019 16:12
Mampukah 'Uang' Facebook Libra Revolusi Pembayaran Global?
Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook baru saja memperkenalkan cryptocurrency bernama "Libra". Para pendukungnya memprediksi mata uang digital ini akan memberikan perubahan signifikan pada sistem keuangan dalam pengiriman uang. Peluncurannya akan dilakukan pada semester I-2020.

Untuk bisa menggunakan Libra, Facebook membuat dompet digital bernama Calibra. Dompet digital ini akan dikaitkan dengan WhatsApp dan FB Messenger. Calibra akan menjadi aplikasi berdiri sendiri untuk ponsel Android dan Apple iOS.


Facebook mengatakan tidak akan menggunakan informasi transaksi pengguna untuk menargetkan iklan. Sebab, Libra akan menjadi entitas yang terpisah. 'Uang' Facebook ini juga akan memiliki nilai tukar yang stabil karena dikaitkan mata uang resmi dunia seperti dolar AS, Euro dan Yen.


Meski belum dirilis, sejumlah ahli skeptis mengenai masa depan Libra.


Menurut Bruce McClary, Juru Bicara National Foundation for Credit Counseling, kegunaan Libra akan sangat tergantung pada seberapa luas ia diterima. Libra berpotensi menjadi alat pembayaran utama karena ekosistem Facebook yang besar. Ada 2,7 miliar pengguna Facebook.

"Namun, ketika Anda masukkan media sosial dan dompet dalam satu wadah, mungkin ada beberapa masalah. Salah satunya masalah keamanan transaksi keuangan," ujar Bruce McClary seperti dikutip CNBC International, Rabu (19/6/2019).

Foto: Doc. Facebook

Apalagi Facebook memiliki masalah soal privasi data pengguna setelah kejadian skandal kebocoran data.

"Sulit bagi saya untuk melihat siapa pun yang peduli tentang privasi akan mengadopsi penawaran baru ini, terutama mengingat catatan menggelikan Facebook tentang menghormati pilihan privasi pengguna mereka," kata Brian Krebs, pakar cybersecurity yang menjalankan blog KrebsonSecurity.com.


Brian Krebs menambahkan cryptocurrency populer menawarkan transaksi anonim atau transaksi keuangannya sulit dilacak. Hal inilah yang sering dimanfaatkan untuk transaksi ilegal. Facebook tidak menawarkan hal tersebut.

"Sebagian besar cryptocurrency populermenawarkan transaksi secara anonim atau setidaknya transaksi keuangan mereka sulit dilacak karena sangat tidak diatur," ujar Brian Krebs.

Simak video tentang 'uang' Facebook bernama Libra di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading