Apple Matikan iTunes, Bagaimana Nasib File Musik Anda?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
05 June 2019 09:54
Pada ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) yang berlangsung sejak Senin (3/6/2019), Apple Inc resmi mempensiunkan iTunes.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pada ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) yang berlangsung sejak Senin (3/6/2019), Apple Inc resmi mempensiunkan iTunes. Toko digital ini akan diganti dengan tiga aplikasi mandiri, yakni: Music, TV dan Podcast.

iTunes akan dipensiunkan bersamaan dengan meluncurkan macOS Catalina, versi terbaru sistem operasi Mac Apple di musim gugur tahun ini atau kuartal III. iTunes dipensiunkan setelah 18 tahun menjadi salah satu mesin uang Apple. Kehadiran streaming seperti Spotify telah membuat iTunes ketinggalan zaman.


Pengumuman ini tentu membuat sebagian pengguna setia khawatir akan musik dan data mereka di iTunes. Namun Apple memastikan pasca pegumuman tersebut iTunes tidak akan hilang begitu saja.


"Pengguna akan memiliki akses ke seluruh perpustakaan musik mereka, apakah mereka mengunduh lagu, membelinya atau merobeknya dari CD," ujar Apple seperti dikutip dari CNBC International, Rabu (5/6/2019).

Apple mengatakan ketika pengguna Mac memperbarui perangkat lunak mereka, musik yang saat ini ada di perpustakaan iTunes akan ditransfer ke aplikasi Apple Music dan pembelian TV dan film akan bermigrasi ke aplikasi Apple TV. Pengguna Mac akan dapat mengakses iTunes Music Store dalam aplikasi Music, dan membeli film dan acara TV di aplikasi TV.

Simak video tentang Apple di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

iPhone 12 Mini vs Samsung Galaxy A42, Dua Ponsel Murah 5G


(roy/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading