Trump Blacklist Huawei, Kok Perusahaan China Ketiban Untung?

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
21 May 2019 21:07
Trump Blacklist Huawei, Kok Perusahaan China Ketiban Untung?
Jakarta, CNBC Indonesia - Keputusan pemerintah Amerika Serikat (AS) memasukkan Huawei Technologies dalam daftar hitam (backlist) bisa memberikan berkah pada perusahaan China lain. Sebab, ada harapan industri semikondaktor China terdorong untuk memenuhi permintaan Huawei.

Keyakinan ini tampak dari kenaikan harga saham emiten semikonduktor di bursa saham China meski harga saham emiten semikonduktor di Bursa AS malah anjlok akibat keputuhan Trump.


Analis berpendapat kebijakan Trump malah akan meningkatkan dorongan dalam jangka panjang untuk menggantik teknologi impor di China, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (21/5/2019).


Dimasukkannya Huawei dalam daftar hitam membuat perusahaan teknologi AS tidak bisa lagi berbisnis dengan Huawei bila raksasa teknologi China ini tidak mendapat lisensi dari pemerintah AS.

Trump Blacklist Huawei, Kok Perusahaan China Ketiban Untung?Foto: Huawei (REUTERS/Dado Ruvic)

Google, Intel, Qualcomm dan Broadcom telah memutus hubungan kerja sama dengan Huawei karena takut mendapatkan sanksi dari pemerintah.

Citic Securities menyebut blacklist AS pada Huawei merupakan "lonceng peringatan" untuk industri chip China. Hal ini menekankan pentingnya membangun persediaan dan pasokan secara independen dalam rantai industri chip.


Perang dagang AS-China yang memanas dengan cepat juga meningkatkan dukungan bagi dewan Nasdaq di Shanghai, yang akan diluncurkan bulan depan. Dewan itu dipandang sebagai bagian dari upaya Presiden Xi Jinping untuk melawan pembatasan AS terhadap kemajuan teknologi China.

Analis mengatakan China masih tertinggal dalam teknologi inti yang diperlukan untuk industri semikonduktor domestik mandiri, dan reaksi pasar mencerminkan optimisme investor untuk jangka pendek terhadap masalah jangka panjang yang rumit.


"Secara logis, masuk akal untuk bertaruh pada substitusi domestik, tetapi kmi belum melihat adanya perubahan fundamental," kata Reagan Li, fund manager di Shanghai V-Invest Co Ltd.

Larangan AS terhadap Huawei telah mengacaukan rantai pasokan global, "berpotensi menciptakan peluang bagi China untuk membangun kembali tatanan industri, tetapi yang penting adalah apakah perusahaan memiliki kemampuan untuk memanfaatkannya."

Simak video pengumuman darurat nasional bidang teknologi oleh Presiden Donald Trump di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading