Gojek Hingga Traveloka, Ini Platform yang Sediakan Pay Later

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
10 May 2019 18:20
Gojek Hingga Traveloka, Ini Platform yang Sediakan Pay Later
Jakarta, CNBC Indonesia - Ada sebuah tren baru dari aplikasi lifestyle di Indonesia. Para startup berlomba-lomba menawarkan fitur Pay Later atau bayar kemudian. Layanan ini diberikan untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi.

Pay Later adalah metode pembayaran seperti kartu kredit di mana perusahaan aplikasi menalangi dulu pembayaran tagihan pengguna di merchant setelahnya pengguna membayar tagihan tersebut kepada perusahaan aplikasi. Untuk bisa menggunakan layanan ini pengguna akan diminta memberikan data pribadi, foto diri dan foto KTP.


Dalam menjalankan layanan ini biasanya aplikasi menggandeng pihak ketiga. Berikut beberapa aplikasi yang memberikan layanan Pay Later.


OVO
Gojek Hingga Traveloka, Ini Platform yang Layanan Pay LaterFoto: Head of Strategy & Innovation Lab OVO (PT Visionet Internasional) Abraham Viktor dalam acara peluncuran OVO Paylate (CNBC Indonesia/Bernhart Farras)

Perusahaan dompet digital yang terafiliasi dengan Grup Lippo ini baru saja menawarkan layanan Pay Later. Dalam layanan ini OVO menggandeng Taralite. Tagihan pengguna ditalangi oleh Taralite.


OVO Pay Later sudah di terima di 200.000 merchant dengan menggunakan aplikasi online, persetujuan dapat dilakukan instan, dan tanpa intervensi manual. Bahkan layanan ini sudah bisa digunakan dalam bertransaksi di e-commerce Tokopedia.

Gopay

Gojek Hingga Traveloka, Ini Platform yang Layanan Pay LaterFoto: Gopay (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

PayLater memungkinkan pengguna Go-Jek bisa membayar transaksi GoFood, GoRide, GoTix, GoPulsa, GoSend, GoBills di akhir bulan. Seperti halnya memiliki kartu kredit tanpa kartu, pengguna akan ditagih sesuai waktu yang ditetapkan disertai dengan biaya administrasi.

Namun, fitur ini hanya dapat digunakan oleh pengguna yang telah ditinjau lebih jauh oleh GoJek, artinya hanya pengguna yang berstatus "terpilih" yang dapat menikmati metode pembayaran PayLater tersebut.


Pinjaman dana ini disediakan fintech P2P lending Findaya. Ini merupakan perusahaan P2P lending independen.

Traveloka

Gojek Hingga Traveloka, Ini Platform yang Layanan Pay LaterFoto: Traveloka (REUTERS/Beawiharta)

Sebagai perusahan teknologi penyedia jasa travel dan lifestyle booking untuk destinasi lokal dan internasional, Traveloka menghadirkan Traveloka PayLater. Pertama kali diluncurkan pada Mei 2018. Dana pinjaman ini disediakan oleh Fintech P2P lending Danamas.


"Traveloka PayLater kini tidak hanya dapat digunakan untuk membeli tiket transportasi dan akomodasi saja. Tetapi juga sudah tersedia untuk pembelian produk-produk gaya hidup seperti, Aktivitas & Rekreasi, Tiket Bioskop, Kuliner, serta Spa & Kecantikan. Dengan tersedianya Traveloka PayLater untuk produk gaya hidup, kami berusaha untuk terus melanjutkan komitmen kami dalam melengkapi pengalaman pengguna", ujar Alvin Kumarga, Senior Vice President Financial Products, Traveloka.

Kredivo

Gojek Hingga Traveloka, Ini Platform yang Layanan Pay LaterFoto: Traveloka (Ist)

Kredivo adalah kartu kredit digital berupa aplikasi di smartphone yang memberikan kemudahan untuk beli sekarang dan bayar nanti dalam 30 hari tanpa bunga atau dengan Cicilan 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Kredivo menjadi startup yang mempopulerkan layanan PayLater.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading