Berkah atau Ancaman? Ini Kata Wadirut BCA soal Fintech

Tech - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
09 May 2019 16:10
Berkah atau Ancaman? Ini Kata Wadirut BCA soal Fintech
Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Armand Hartono bicara soal fenomena disrupsi atau perubahan cara dan fundamental bisnis yang kini melanda perbankan Indonesia, salah satunya akibat revolusi teknologi digital melalui hadirnya perusahaan financial technology (fintech).

"Bagi BCA, kami terus memperhatikan dan melihat sebuah perubahan sejak zaman dahulu. Sebelum ada fintech 15-20 tahun yang lalu kita diributkan [dengan hadirnya] minimarket, akan habiskan nasabah-nasabah kami. Termasuk suplier," kata Armand.

Pernyataan Armand ini disampaikan saat menjadi pembicara dalam CNBC Indonesia VIP Forum bertajuk "Banking & Fintech: Inovasi dan Peran Digital Dorong Inklusi Keuangan".


Armand mengatakan, hadirnya minimarket tersebut ternyata justru mendorong berkembangnya ekosistem. Suplier berkembang dan justru bertambah.

Wadirut BCA Bicara Soal Disrupsi FintechFoto: Wakil Direktur Utama Bank BCA, Armand Hartono dalam acara CNBC Indonesia VIP Forum bertajuk "Banking & Fintech: Inovasi dan Peran Digital Dorong Inklusi Keuangan". di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (9/5/2019). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Lalu bagaimana Fintech?

Armand menjelaskan keberadaan fintech bisa membawa komunitas baru bagi perbankan.

"Justru menurut kami, dengan adanya industri baru ini (fintech) maka biasanya akan bawa komunitas baru untuk kami. Di industri bank semakin banyak yang baru semakin bagus," tutur Armand.


Armand mencontohkan, perbankan mendapat tambahan nasabah baru sejak kemunculan e-commerce karena banyak pembeli sudah memiliki platform tapi belum punya rekening bank.


"Dagang via e-commerce, Facebook, Instagram, kemudian ditransfer ke sini, ke bank," katanya.

Untuk fintech jenis P2P atau peer to peer lending, menurut Armand juga secara operasional berhubungan dengan bank. Pasalnya harus memiliki akun bank dalam segala bentuk proses pencairan pinjaman.


CNBC Indonesia menyelenggarakan CNBC Indonesia VIP Forum bertajuk "Banking & Fintech: Inovasi dan Peran Digital Dorong Inklusi Keuangan".

Diskusi ini diselenggarakan pada Kamis, 9 Mei 2019 pukul 13.30 WIB di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta. Acara yang dikemas dalam format talkshow ini akan disiarkan langsung melalui Live Streaming di situs CNBCIndonesia.com.

 
(dru/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading