Apple & Google Blokir 3 Aplikasi Kencan, Kenapa?

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
07 May 2019 15:02
Apple & Google Blokir 3 Aplikasi Kencan, Kenapa?
Jakarta, CNBC Indonesia - FTC (Federal Trade Commission / Komisi Perdagangan Federal) AS (Amerika Serikat) pada Senin (6/5/2019) mengatakan Apple dan Google menghapus 3 aplikasi kencan dari Google Play dan Apple store.

Ini terjadi setelah FTC menuduh mereka mengizinkan pendaftaran pengguna di bawah 13 tahun yang masih dalah kategori anak di bawah umur. Aplikasi yang diblokir adalah Meet24, FastMeet dan Meet4U dioperasikan oleh Wildec, sebuah perusahaan yang berbasis di Ukraina, kata FTC.

Menurut siaran pers, FTC memperingatkan Wildec bahwa aplikasi tersebut tampaknya melanggar COPPA (Undang-Undang Perlindungan Privasi Daring Anak-anak).


Aturan Ini mengharuskan perusahaan untuk mendapatkan izin orang tua sebelum mengumpulkan atau menggunakan informasi pribadi dari anak di bawah 13 tahun, dan FTC Undang-undang, "yang melarang praktik tidak adil yang cenderung menyebabkan cedera konsumen yang substansial."


Tahun lalu, sebuah koalisi kelompok konsumen mengajukan sejumlah keluhan ke FTC mengenai cara perusahaan termasuk Google dan Facebook mengumpulkan data tentang anak-anak dan bagaimana mereka memasarkan aplikasi serta layanan mereka kepada mereka. Kampanye untuk CCFC (Anak Bebas Komersial) telah menjadi pusat pengaduan.

3 aplikasi dari Wildec meminta tanggal ulang tahun pengguna, alamat email, dan foto ketika mereka ketika membuat akun, aplikasinya juga mengumpulkan data lokasi real-time mereka, menurut komisi. Sementara kebijakan privasi aplikasi menyatakan pengguna harus lebih dari 13, layanan gagal memblokir akses ke pengguna yang lebih muda.

FTC mengatakan aplikasi Wildec memungkinkan pengguna untuk mendaftar ke layanan dan dihubungi oleh pengguna lain bahkan setelah mereka mengindikasikan bahwa mereka masih di bawah umur.

Beberapa pengguna dewasa, yang diduga menghubungi anak di bawah umur melalui aplikasi, telah menghadapi tuntutan pidana karena melakukannya, menurut FTC.

Dalam surat peringatannya, FTC mengatakan mereka meminta Wildec untuk segera menghapus informasi pribadi anak-anak di aplikasinya. Komisi juga mengeluarkan peringatan lansiran konsumen tentang aplikasi dan menyarankan mereka untuk mempertimbangkan kontrol orangtua untuk meminta persetujuan pada ponsel anak-anak mereka sebelum mengunduh aplikasi baru.

FTC mengatakan "ada kemungkinan bahwa versi terbaru dari aplikasi ini dapat muncul di masa depan, tetapi hanya untuk orang dewasa." Apple dan Google tidak segera menanggapi permintaan komentar.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading