Bank Sentral Singapura - Kanada Garap Blockchain, BI Kapan?

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
03 May 2019 17:19
Bank Sentral Singapura - Kanada Garap Blockchain, BI Kapan?
Jakarta, CNBC Indonesia- Otoritas Moneter Singapura (The Monetary Authority of Singapore/MAS) dan Bank Sentral Kanada berhasil melakukan  transaksi mata uang digital menggunakan blockchain. Ini percobaan pertama yang berhasil di antara dua bank sentral tersebut.

Sebelumnya, kedua bank tersebut telah berkolaborasi untuk mendistribusikan teknologi ledger dan mata uang digital bank central, untuk membuat pembayaran antarnegara atau benua menjadi lebih murah, cepat, dan aman.


Strait Times
 melaporkan, jaringan pembayaran domestik eksperimental MAS, Proyek Ubin, dihubungkan dengan Proyek Jasper yang dilakukan oleh Kanada. Proyek ini sebagai bagian dari pengujian yang dilakukan dalam kemitraan dengan Accenture dan JP Morgan Chase.


MAS Chief Fintech Officer Sopnendu Mohanty mengatakan proyek Jasper dan Proyek Ubin sebelumnya telah melakukan inovasi di bidang pembayaran yang mendemonstrasikan pembayaran dan penyelesaian antarnegara dua benua, bisa dibuat sederhana dan efisien.

"Bersama-sama proyek ini telah menjawab banyak pertanyaan teknis dan membawa teknologi ke tingkat kematangan yang lebih tinggi," kata Mohanty, Jumat (03/05/2019).

Bank Sentral Singapura - Kanada Garap Blockchain, BI Kapan?Ilustrasi penggunaan blockchain (Foto: Ist)

Bank-bank sentral telah bersama-sama menerbitkan laporan yang mengusulkan opsi desain yang berbeda untuk penyelesaian sistem lintas batas negara, dan menyoroti potensi keterbatasan dan tantangan yang mungkin terjadi.

"Hanya melalui kolaborasi berkelanjutan dan penelitian mendasar yang memungkinkan teknologi ini matang dan bagi para pembuat kebijakan untuk memahami sepenuhnya potensinya," kata  Global Blockchain Lead for Accenture, Scott Hendry.

David Treat, pemimpin blockchain global untuk Accenture, menyebut tes itu "tonggak sejarah besar bagi modernisasi transaksi lintas-negara lintas-mata uang.

Simak video BI kaji penerbitan uang digital sendiri di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading