Ini Cara Grab Cegah Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
25 April 2019 17:33
Grab Indonesia bekerjasama dengan Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa), Komnas Perempuan cegah Kekerasan Seksual terhadap Perempuan di Indonesia.
Jakarta, CNBC Indonesia - Grab Indonesia bekerjasama dengan Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa), Komnas Perempuan cegah Kekerasan Seksual terhadap Perempuan di Indonesia. Salah satu bentuk kerjasama ini adalah melalui kampanye dan di-top-up oleh Grab Indonesia.

Kampanye ini dilakukan untuk mengajak semua lapisan masyarakat khususnya pengguna Grab Indonesia untuk berdonasi melalui poin GrabRewards mulai dari tanggal 1 April sampai dengan 23 April 2019. Hingga masa kampanye berakhir, total donasi yang berhasil dikumpulkan mencapai Rp 131 juta. Dana ini akan digunakan untuk mendukung penanganan perempuan korban kekerasan seksual di Indonesia.

Direktur IKa, Anik Wusari mengatakan bahwa dukungan untuk Pundi Perempuan ini akan disalurkan bagi perempuan korban kekerasan seksual. "Kampanye ini dilakukan untuk mengajak masyarakat menyumbang, berdonasi bagi para perempuan korban kekerasan seksual di Indonesia," katanya seperti dikutip dari situs resmi Grab, Kamis (25/4/2019).



Indonesia untuk Kemanusiaan IKa mendukung Grab yang berkomitmen dalam mencegah kekerasan seksual di jalanan. Ini merupakan upaya yang sangat baik yang dilakukan perusahaan untuk bersama-sama melakukan stop kekerasan seksual terhadap perempuan.

IKa juga mendorong diadakannya mekanisme keluhan bagi para pengguna transportasi online, terutama perempuan karena ini merupakan upaya untuk memperkecil jumlah kekerasan terhadap perempuan, karena kekerasan yang terjadi di jalan akan membatasi ruang gerak perempuan.

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia,  Neneng Goenadi mengatakan jika Grab akan terus mendukung upaya keamanan dan keselamatan perempuan. Sebab, sejak awal didirikan, keamanan dan keselamatan telah menjadi DNA Grab.

"Sebagai everyday superapp terkemuka di Asia Tenggara, kami selalu mendukung para perempuan Indonesia untuk mengambil peranan di masyarakat dengan membangun platform transportasi yang aman dan nyaman dengan fitur-fitur keselamatan yang terus kami kembangkan," katanya.

Dia menambahkan, Grab juga hadir dengan misi meningkatkan kesejahteraan mitra-mitra pengusaha mikro, yang 30% di antaranya adalah perempuan. Grab mengaku senang dapat ambil bagian dalam upaya mendukung penanganan korban kekerasan terhadap perempuan lewat kerja sama donasi GrabRewards untuk Pundi Perempuan ini.

Pundi Perempuan adalah upaya penggalangan dana bagi lembaga pengadaan layanan yang bekerja untuk pendampingan perempuan korban kekerasan, serta dana darurat yang dapat diberikan untuk perempuan pembela/pejuang/pekerja HAM yang mengalami ancaman keselamatan maupun kondisi kesehatan kritis baik psikis

Digagas oleh Komnas Perempuan pada tahun 2000, dan mulai tahun 2003 dikelola bersama IKa, Pundi Perempuan menghadirkan model hibah yang memberdayakan sesuai dengan nilai-nilai perubahan sosial yang diharapkan.


Selama ini sebanyak 90 organisasi atau individu sudah menerima dana hibah Pundi Perempuan yang terdiri dari 78 organisasi layanan, 3 organisasi korban, 5 individu pekerja kemanusiaan dan 4 dana bergulir bagi pengembangan ekonomi perempuan.

Komnas Perempuan mencatat bahwa selama ini banyak perempuan mendapatkan kekerasan sejak di rumah hingga di tempat kerja. Maka dengan memberikan rasa aman di jalanan berarti sudah ikut berkontribusi bagi keamanan perempuan.

Saksikan Video Softbank Siap Kucurkan Dana Lagi Untuk Grab

[Gambas:Video CNBC]
(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading