Blue Bird & Grab Sudah Pakai Mobil Listrik, Gojek Kapan?

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
23 April 2019 10:03
Blue Bird & Grab Sudah Pakai Mobil Listrik, Gojek Kapan?
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Blue Bird Tbk (BIRD) baru saja meluncurkan layanan terbaru yakni transportasi dengan mobil listrik yang diberi nama e-Taxi. Langkah ini mengungguli Grab dan Gojek sebagai penyedia layanan berbagi tumpangan atau ride hailing.

Lalu kapan kedua penyedia layanan ride hailing ini akan mengikuti langkah Blue Bird untuk menggunakan mobil listrik?

Gojek, hingga kini masih belum ada wacana untuk mengujicobakan mobil listrik dalam salah satu layanan taksi.


Sementara untuk Grab, startup yang berkantor pusat di Singapura ini sebenarnya sudah duluan melakukan uji coba mobil listrik di Singapura, menggunakan Hyundai Kona 64 kWh. Ada sekitar 200 unit yang mengaspal untuk uji coba.



Sementara untuk uji coba kendaraan listrik di Indonesia, pihak Grab telah melakukan diskusi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan pada Februari 2019.

Grab pun sudah membawa tim mobil listrik di Indonesia.
Grab kemungkinan akan menggandeng Hyundai. Namun realisasinya belum pasti.

Tesla Jadi Taksi di Indonesia
Mobil listrik yang digunakan Blue Bird pun tak tanggung-tanggung, yakni Tesla Model X untuk taksi jenis Silver Bird atau Premium, ada empat unit Tesla Model X. Blue Bird juga menyiapkan BYD sebanyak 25 armada. BYD adalah pabrikan mobil listrik asal China.

"Sebagai operator taksi terbesar di Indonesia, Blue Bird terus melakukan inovasi seiring dengan perkembangan teknologi, guna memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan," ujar Blue Bird dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (23/4/2019).

Manajemen BIRD menegaskan bahwa penggunaan armada taksi listrik ini menjadi salah satu langkah awal dan wujud nyata akan kontribusi perseroan terhadap pelestarian lingkungan, khususnya di Indonesia.

Rencana pengoperasian e-Taxi ini akan bertambah armadanya hingga sebanyak 200 mobil listrik pada 2020.

Dengan strategi ini, Blue Bird akan menghilangkan 434.095 kg emisi CO2 atau konsumsi BBM sebanyak 1.898.182 liter.


Selain itu, Blue Bird juga punya kemampuan untuk menambah 2.000 unit mobil listrik pada periode tahun 2020-2025 yang akan menghilangkan 21.704.760 kg emisi CO2 atau setara dengan konsumsi BBM sebanyak 94.909.091 liter.


Simak ulasan soal mobil listrik Tesla berikut ini.
[Gambas:Video CNBC]
(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading