Taksi Listrik Tesla Blue Bird, Jurus Kalahkan Grab & Gojek?

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
23 April 2019 08:29
Taksi Listrik Tesla Blue Bird, Jurus Kalahkan Grab & Gojek?
Jakarta, CNBC Indonesia - Kehadiran Gojek dan Grab telah menciptakan disrupsi di sektor transportasi. Kehadiran kedua startup ride-hailing ini telah membuat bisnis Blue Bird terganggu karena banyak pengguna yang pindah ke Grab dan Gojek.

Untuk pertama kalinya, PT Blue Bird Tbk (BIRD) berhasil melangkahi Gojek dan Grab. Perusahaan taksi ini lebih dahulu memperkenalkan armada mobil listrik yang diberi nama e-Taxi yang diluncurkan kemarin, Senin (23/4/2019), di Kantor Pusat Blue Bird, Jakarta.



Blue Bird menggunakan empat unit Tesla Model X untuk taksi jenis Silver Bird atau Premium dan 25 armada BYD untuk taksi biasa. BYD adalah pabrikan mobil listrik asal China.


Emiten dengan kode saham BIRD ini merogoh Rp 40 miliar untuk 29 unit armada taksi barunya termasuk instalasi dan infrastruktur 12 Stasiun Pengisian Listrik (SPL) yang terpasang di kantor pusat Blue Bird Group, Mampang Prapatan.

"Sebagai operator taksi terbesar di Indonesia, Blue Bird terus melakukan inovasi seiring dengan perkembangan teknologi, guna memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan," ujar perusahaan dalam keterangan resminya.

Taksi Listrik Tesla Blue Bird, Jurus Kalahkan Grab & Gojek?Foto: Mobil listrik Blue Bird (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

"Adapun penggunaan armada taksi listrik ini menjadi salah satu langkah awal dan wujud nyata akan kontribusi Blue Bird terhadap pelestarian lingkungan, khususnya di Indonesia."

Rencana pengoperasian e-Taxi ini akan ditambah hingga sebanyak 200 mobil listrik hingga tahun 2020. Dengan peluncuran taksi listrik ini, perusahaan akan menghilangkan 434,095 kg emisi CO2 atau konsumsi BBM sebanyak 1.898.182 liter; dan penambahan 2000 unit mobil listrik pada periode tahun 2020 - 2025 akan menghilangkan 21.704.760 kg emisi CO2 atau setara dengan konsumsi BBM sebanyak 94.909.091 liter.


Sejatinya, Grab sudah melakukan uji coba mobil listrik. Grab mencobakan ini di Singapura dengan menggunakan Hyundai Kona 64 kWh. Ada 200 unit yang diujicobakan.

Untuk Indonesia, Grab sudah membicarakan hal ini dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan pada Februari 2019. Grab juga sudah membawa tim mobil listrik di Indonesia.

Untuk mobil listrik ini, Grab kemungkinan akan menggandeng Hyundai. Namun realisasinya belum pasti.

Adapun Gojek belum mewacanakan untuk mencoba menggunakan mobil listrik sebagai armadanya.


Saksikan video mengenai taksi listrik Blue Bird berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading