Rebut Pengguna Facebook Cs, Snapchat Luncurkan Fitur Game

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
05 April 2019 14:22
Snap Inc meluncurkan platform game dalam aplikasi agar pengguna lebih betah bermain snapchat dan mengakuisisi pengguna baru pada Kamis (4/4/2019).
Jakarta, CNBC IndonesiaSnap Inc meluncurkan platform game dalam aplikasi agar pengguna lebih betah bermain snapchat dan mengakuisisi pengguna baru pada Kamis (4/4/2019). Game tersebut berupa buatan sendiri dan pihak ketiga seperti Tiny Royale dan Zynga Inc.

Snap mengumumkan terobosan baru tersebut dalam acara Partner Summer di Los Angeles. Fitur itu menegaskan Snapchat ingin mempertahankan pengguna yang disasarnya, berusia 13-34 tahun yang sudah mulai hijrah ke aplikasi sosial lainnya.


Snap memang sedang menghadapi persaingan ketat untuk menarik pengguna dan para pengiklan dari keluarga Facebook Inc. Instagram sudah menjiplak fitur stories, video yang hilang setelah 24 jam.


Tahun lalu pengguna aktif Instastory sudah mencapai 400 juta, dua kali lipat dari pengguna harian Snapchat. Snap juga harus berjuang menghadapi TikTok, sebuah aplikasi video pendek yang dimiliki oleh perusahaan teknologi China Bytedance.

Kantor Snapchat (Foto: REUTERS/Mike Segar)

Jumlah pengguna aktif harian di Snapchat tetap stabil atau turun selama beberapa kuartal terakhir, tetapi aplikasi ini masih sangat populer di kalangan pengguna muda. Di AS, 75% anak berusia 13-34 tahun menggunakan Snapchat sementara 90% anak berusia 13-24 tahun pakai Snapchat.

"Kami ingin membangun sesuatu yang membuat kami merasa seperti bermain bersama keluarga selama liburan panjang akhir pekan," ujar Product Director Snap Will Wu seperti dikutip dari Reuters, Jumat (5/4/2019). "Sesuatu yang membuat kita merasa seperti sedang duduk dengan teman-teman, pengontrol di tangan, melihat layar yang sama."


Game-game yang bisa dimainkan di Snapchat termasuk Bitmoji Party, Spry Fox's Alphabear Hustle, ZeptoLab's C.A.T.S. Drift Race, Game Closure's Snake Squad, PikPok's Zombie Rescue Squad and Zynga's Tiny Royale. Penguna juga bisa memainkan fitur perpesanan utama "Chat".

Snap mengatakan platform game akan memiliki iklan video enam detik yang tidak dapat diabaikan, format yang relatif baru yang telah meningkatkan pendapatan kuartal keempat perusahaan.


Snap juga mengumumkan produk yang disebut "Snap Audience Network" yang memungkinkan pengiklan membeli iklan vertikal yang berjalan di luar platform Snap ke aplikasi pihak ketiga.

Simak video orang berpengaruh di internet dalam video di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading