Dari Beli BBM Hingga Bayar Tol, Ini Fitur Canggih LinkAja

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
01 April 2019 17:29
Dari Beli BBM Hingga Bayar Tol, Ini Fitur Canggih LinkAja
Jakarta, CNBC Indonesia - Bila tak ada aral melintang, pekan depan dompet digital bersama BUMN bernama LinkAja  akan diperkenalkan ke masyarakat. Tepatnya tanggal 13 April 2019.

Meski akan diluncurkan pekan depan, kampanye LinkAja Indonesia sudah ramai dilakukan kementerian BUMN. LinkAja akan menjadi kompetitor GoPay dan OVO di sektor pembayaran digital dan e-wallet.


Asal tahu saja, LinkAja adalah Dompet Digital milik BUMN. Dompet digital ini akan menggabungkan milik Telkomsel dan Bank BUMN. Mulai 21 Februari 2019, T-Cash berubah nama menjadi LinkAja. Setelah itu ecash Bank Mandiri, Yap! BNI, dan TBank milik BRI akan melebur menjadi LinkAja.


Sama seperti OVO dan GoPay, LinkAja nantikan bisa digunakan sebagai alat pembayaran di merchant-merchant yang offline yang sebelumnya menjadi rekanan perbankan BUMN dan Telkomsel. LinkAja juga akan bisa digunakan untuk membeli BBM di pom bensin.

"Nantinya akan dibuka gerbang khusus untuk pembayaran menggunakan LinkAja. Ini akan lebih mudah karena pengguna tak perlu menunggu seperti bayar menggunakan e-money kartu," ujar Maryono, ketua Perhimpunan Bank Milik Pemerintah (Himbara) beberapa waktu lalu.

Dari Beli BBM Hingga Bayar Tol, Ini Fitur Canggih LinkAjaFoto: LinkAja Indonesia (CNBC Indonesia)

Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, platform Linkaja juga menyediakan fitur pengiriman uang (remitansi), pembelian pulsa dan internet, pembayaran listrik dan tagihan air PDAM.

Layanan lainnya, pembelian paket TV kabel, bayar pembelian gear gaming, pembayaran BPJS Kesehatan, Asuransi Tokyo Marine, Jiwasraya hingga asuransi CAR. Ada juga fitur pembayaran cicilan ke multifinance, televisi berbayar iflix, dan donasi.

LinkAja juga dilengkapi teknologi pembaca cepat atau quick response (QR) Code dan near field communication (NFC).

Untuk ketersedian dana LinkAja masih menggunakan mekanisme top up, di mana pengguna tidak akan dikenakan biaya bila top up melalui Bank BUMN. Top-up juga bisa dilakukan melalui mini market seperti Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Circle K, Dan+Dan, FamilyMart, dan Suzuya.

Simak video tentang LinkAja yang bisa buat bayar tol di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading