Perkembangan Teknologi

Registrasi SIM Card Bikin Rugi Rp 500 M, Apa Kata BRTI?

Tech - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
26 February 2019 15:25
Aturan kemenkominfo mewajibkan registrasi SIM Card menggunakan KTP dan KK.
Jakarta, CNBC Indonesia - Bisnis pedagang kartu SIM di gerai-gerai disebut Kesatuan Niaga Celuller Indonesia (KNCI) merugi Rp500 miliar. Pangkal masalahnya ialah Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 yang mewajibkan agar pengguna kartu SIM meregistrasi Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga. Kartu perdana aktif yang dijual pada 21-23 Februari 2019 hangus.

Wakil Ketua Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Semuel Abrijani menanggapi peraturan Peraturan Menkominfo No 12/2016 itu diterbitkan justru untuk melindungi masyarakat dari kejahatan, seperti terorisme dan penipuan. Meruginya pedagang pulsa di gerai-gerai fisik, menurut Semuel, menjadi urusan antara pedagang dengan operator.

"Harus dibedakan antara kebijakan Pemerintah dengan hubungan dagang antara penjual dengan produsennya. Itu tanyakan di sana, kontrak kerjanya bagaimana? itu kan kontrak kerja," kata Semuel ditemui di Pasar Tebet Timur Jakarta, Selasa (26/2/2019).


Menurut Semuel, setiap kebijakan sudah pasti ada pihak yang merasa dirugikan atau diuntngkan. Namun, ia menegaskan aturan itu ada untuk memproteksi masyarakat. BRTI, kata Semuel, tidak ada urusan dengan pedagang kartu SIM di gerai-gerai.

"Kita tidak ada urusan sama pedagang. Urusan kita sama operator karena kita yang memberi izin kepada mereka. Kami hanya buat aturan untuk melindungi bangsa Indonesia," ujar Semuel.

Registrasi SIM Card Bikin Rugi Rp 500 M, Apa Kata BRTI?Foto: Infografis, Arie Pratama

Menurut Semuel, pasca diterapkannya Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 saja masih ada SMS-SMS yang melakukan penipuan. Apalagi tanpa adanya aturan tersebut. Bila identitas pengguna kartu SIM tidak terdaftar maka akan sulit melakukan validasi dalam kasus-kasus kejahatan.

"Misalnya kita transaksi ke handphone, validasinya bagaimana kalau ada apa-apa? ini kemudahan. Itu lah yang diharapkan bisa membantu tranformasi digital berjalan dengan baik," tuturnya.

Mengutip CNN Indonesia, Ketua KNCI Azni Tubas menjelaskan kartu SIM yang belum teregistrasi tersebut hangus, dalam artian tidak ada sinyal masuk ketika kartu dimasukkan ke ponsel. Akibatnya kartu SIM tersebut tidak dapat diregistrasi.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading